Memikat Timur Tengah dengan Sulam Karawo Gorontalo

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Sabtu, 17/09/2016 12:08 WIB
Kain tradisional sulam Karawo dari Gorontalo akan dijadikan pemikat turis asal Timur Tengah di gelaran Festival Budaya Karawo 2016. Ilustrasi kerajinan sulam. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbicara kain tradisional, Indonesia tidak hanya punya batik dan tenun, tapi juga sulam. Gorontalo adalah daerah di timur Indonesia yang terkenal dengan kerajinan sulam, yakni Karawo.

Kain sulam khas Gorontalo ini dibuat dari anyaman benang, yang hanya dapat diproses secara manual menggunakan tangan. dari segi motif, Karawo identik dengan corak bunga dan burung. Sentra pengrajin Karawo di Gorontalo adalah Kecamatan Telaga Jaya.

Sayangnya, pamor kain sulam tersebut tidak sebesar batik dan tenun yang sudah mendunia.


Itulah alasannya Provinsi Gorontalo menggelar Festival Budaya Karawo yang akan diselenggarakan pada 9-13 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro mengatakan festival itu digelar bertepatan dengan Indonesia Middle East Update (IMEU).

“Ini merupakan pertemuan saudagar, pengusaha, kedutaan negara Timur Tengah di Indonesia,” sebut Jamal.

Dia menambahkan, diharapkan Sulam Karawo bisa jadi daya tarik yang akan memikat turis dan pengusaha Timur Tengah untuk datang dan berinvestasi di Gorontalo.

“Tahun ini Gorontalo sebagai tuan rumah IMEU, itu juga menjadi gerbang bagi Gorontalo untuk menjadi destinasi wisata bagi turis Timur Tengah,” tambah dia.

Sulam Karawo, sebut Jamal, dijadikan daya tarik karena masyarakat Timur Tengah memang menyukai kain tradisional Indonesia. “Kita perkenalkan kain sulam Karawo dan kita juga akan mengundang desainer agar festival mode dari Gorontalo ini bisa dikenal dunia,” ujarnya.

Desainer Yurita Pudji Djadjang didapuk mendesain sulam karawo tersebut. Selain itu, terdapat juga kompetisi mode yang terdiri dari empat kategori yakni busana muslim, gaun pesta, pakaian kasual dan pakaian formal.

Festival Mode Karawo itu, sebut Jamal diharapkan bisa jadi kesempatan perancang muda untuk berkreasi, selain di kota mode utama Indonesia seperti Jakarta ataupun Bandung.

Selain festival mode, Festival Karawo juga akan menampilkan pertunjukkan musik dan karnaval. (les)