Kardinal di Vatikan Protes Gerai Baru McDonald's

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 17/10/2016 18:12 WIB
Kardinal di Vatikan Protes Gerai Baru McDonald's Ilustrasi McDonald's (Wikimedia Commons/Sardaka)
Jakarta, CNN Indonesia -- Restoran siap saji McDonald's mengumumkan pembukaan restoran barunya di Vatikan. Restoran ayam populer ala Amerika ini akan dibuka di dekat lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Bagi sebagian orang hal ini mungkin menyenangkan, tapi tidak bagi para kardinal.

Berdasarkan The Local Italy, McDonalds akan membuka restoran seluas 538 meter persegi. Restoran ini akan berada tepat di sebelah Basilika Santo Petrus.


Sebetulnya kehadiran McDonald's kelak akan menambah kas Vatikan sebesar US$33 ribu tiap bulan untuk biaya sewa. Namun kardinal yang tinggal di dekat calon lokasi McDonalds' ini berpendapat lain.

Mengutip The Daily Meal, tujuh kardinal yang tinggal di atas calon lokasi McDonald's dan beberapa orang lain beranggapan bahwa restoran tersebut akan merusak karakter arsitektur dari tempat bersejarah tersebut.

Setidaknya satu kardinal dilaporkan mencari intervensi kepausan kepada Paus Fransiskus. Dia mengirimkan surat tersebut dan meminta Paus Francis untuk menghalangi pembangunan restoran tersebut.

Hanya saja, tak semua kardinal tak setuju dengan rencana pembangunan McDonalds. Kardinal Domenico Calcagno mengatakan kepada real estate di Vatikan bahwa rencana pembangunan McDonald's tersebut resmi.

Dia juga beranggapan, ada alasan yang masuk akal membiarkan McDonald's dibuka di situ. Dia tak melihat ada yang salah dengan hal tersebut.

(vga)