Merangkak, Latihan Otot yang Makin Digemari

Vega Probo, CNN Indonesia | Jumat, 18/11/2016 08:18 WIB
Merangkak, Latihan Otot yang Makin Digemari Ilustrasi: Merangkak seperti bayi ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh, utamanya memperkuat otot. (jeviniya/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merangkak seperti bayi ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh, utamanya memperkuat otot. Ini diakui Danielle Johnson, terapis fisik di Mayo Clinic Healthy Living Program di Rochester, Minnesota, AS.

“Anda bisa merangkak dengan berbagai cara. Anda bisa merangkak dengan kedua tangan dan kaki. Anda juga bisa bertumpu pada jari-jari kaki dan mengangkat, sekitar dua setengah atau lima centimeter dari permukaan lantai,” kata Johnson, dikutip CNN.

Gerakan tersebut, menurut Johnson, akan menarik otot-otot inti dan menggerakkan otot-otot secara efektif. “Lalu, mulai lah menggerakkan bahu dan pinggul. Ini lah bentuk latihan atau gerakan yang akan saya berikan kepada setiap orang.”
Diakui Johnson, sejak lama gerakan merangkak dijadikan alat terapi, dan kini diterapkan untuk memperkuat tubuh dan kebugaran. Idenya sederhana saja, mengubah gerakan merangkak seperti bayi menjadi latihan yang memberikan manfaat kebugaran.


Menurut Original Strength, lembaga edukasi kesehatan dan kebugaran, selagi merangkak maka pada saat yang sama anda “melakukan reset” sistem saraf pusat dan mengulang kembali kemampuan berjalan yang dipelajari semasa bayi.

Selain mengasah kemampuan motorik, gerakan merangkak juga mengaktifkan sistem vestibular, sistem sensor yang berkaitan dengan keseimbangan dan orientasi spasial,” kata Justin Klein, chiropractor dan petinggi Got Your Back Total Health.
“Ini tak ubahnya mengulang loop sentral dalam sistem saraf untuk membawa semua bagian yang terkait koordinasi, gerakan dan stabilitas refleksif dalam sinkronisasi," kata Klein seraya memberitahukan cara merangkak yang benar.

“Anda harus mengatur napas, menengadahkan kepala dan merangkak secara bersamaan. Lalu, mengatur gerakan atau langkah,” kata Klein. “Bila anda serius melakukan gerakan merangkak, maka menggabungkan ketiganya tidak lah semudah yang dilihat.”

Klein selalu merekomendasikan gerakan merangkak kepada para pasiennya, dari atlet profesional yang cedera sampai korban kecelakaan lalu lintas. Atlet bisbol Denard Span dari tim San Francisco Giants juga melakukan gerakan ini.

Gerakan merangkak memberikan banyak manfaat bagi Span, terutama saat masih bergabung dengan tim Washington Nationals. Gerakan merangkak dengan arah menyilang membuatnya makin lincah di lapangan bisbol, saat melempar dan memukul bola.

Agar gerakan merangkak makin digemari, Klein menggelar program latihan Crawl on the Mall pada bulan ini yang diikuti partisipan di National Mall. Gerakan merangkak yang dilakukan secara rutin bakal membuat tubuh lebih kuat, lincah, juga stabil.

(vga/vga)