Ancol dan Tanah Abang Tak Terpengaruh Demo #212

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Jumat, 02/12/2016 21:21 WIB
Ancol dan Tanah Abang Tak Terpengaruh Demo #212 Pedemo #212 yang memadati kawasan Monumen Nasional, Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situasi Jakarta tetap aman terkendali setelah aksi demo #212 yang berlokasi di Jakarta Pusat usai, seperti yang dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang diterima oleh CNNIndonesia.com pada Jumat (2/12) malam.

Dari pantauan Tim Crisis Center Kemenpar, diketahui kalau aktivitas warga Jakarta berjalan seperti biasa, sebelum dan setelah aksi demo berlangsung.

Demo yang masih berkaitan dengan kasus penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Gubernur Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok itu tak menyurutkan minat pengunjung untuk mendatangi Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Impian Jaya Ancol.


Pusat perbelanjaan seperti Sarinah, Grand Indonesia, Plaza Indonesia dan Tanah Abang pun tetap buka sesuai jam kerja.

Tingkat hunian hotel yang berada di sekitar lokasi pergerakan massa, seperti Kempinski, Sari Pan Pacific dan Ibis juga tidak terganggu.

Begitu pun di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Dikatakan Kepala Humas Angkasa Pura II, Agus Haryadi, tidak ada perjalanan atau pembatalan perjalanan mendadak yang terjadi, baik dari dalam maupun luar negeri. "Situasi aman terkendali," kata Agus.

Situasi yang sama juga dirasakan di bandara yang ada di daerah wisata, seperti Bandara Hang Nadim, Batam dan Bandara Ngurah Rai, Bali.

“Suasana berwisata di Bali masih kondusif,” ujar Airport Section Head Ngurah Rai, Ngurah Wijana.

Dalam keterangan resmi, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi jajaran pemerintah, pihak berwajib dan lapisan masyarakat yang telah bersama-sama menjaga suasana tetap aman dan nyaman, terutama bagi wisatawan yang kebetulan sedang berada di Jakarta selama aksi demo berlangsung.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menjaga situasi seperti ini. Semua kegiatan tetap berjalan normal sampai aksi demo usai,” kata Menpar Arief.

“Acara rutin Car Free Day pun akan tetap digelar pada akhir pekan ini,” tutupnya.

(ard)