Burger Nasi, Si Bintang Baru Kuliner di Sydney

Vega Probo, CNN Indonesia | Rabu, 14/12/2016 19:45 WIB
Burger Nasi, Si Bintang Baru Kuliner di Sydney Burger andalan restoran Gojima di Sydney, Australia, dibuat dari nasi. Bentuknya tidak bundar, melainkan persegi, dilapis lembar nori. (Screenshoot via Instagram/@gojima_au)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lazimnya burger terdiri dari dua tangkup roti bundar dengan isi sayuran dan patty. Namun tidak demikian halnya burger yang disajikan di restoran Gojima di Sydney, Australia.

Burger andalan restoran yang berlokasi di kompleks kasino The Star dan bakal dibuka pada Kamis (15/12), ini dibuat dari nasi. Bentuknya tidak bundar, melainkan persegi, dilapis lembar nori.

Ini lah kreasi baru dari chef Chase Kojima, yang berkiprah di restoran Sokyo, Sydney. Sebelumnya, pada 2015, ia membuat gebrakan dengan membukan kantin pop-up yang menyajikan ramen.


Selain mengganti roti dengan nasi, Kojima juga meniadakan acar, patty dan saus yang biasa ditemukan di burger kebanyakan. Ia sengaja menambahkan nori agar isi burger tidak berceceran.

“Bagi saya, kriteria burger yang baik yaitu tidak berceceran saat dimakan,” kata Kojima, dikutip Good Food. “Karena kami menggunakan nasi, bukan roti, maka dibutuhkan banyak ahli.”

Ahli yang dimaksud Kojima tak lain para juru masak. Mereka lah yang membantunya mengkreasikan burger. Selain melakukan uji coba berbagai paduan nasi dan teknik, mereka juga mengadakan riset.

“Saya mengumpulkan lebih dari 10 kilogram contoh burger dari penjuru Sydney,” katanya. “Inspirasi juga datang dari perjalanan saya ke Tokyo pada 2014, juga Tasmania untuk mencicipi salmon.”

Menurut sang chef, berbagai isi burger yang selama ini cocok untuk roti, tidak bisa begitu saja diaplikasikan untuk nasi. Maka ia pun membuat padu padan burger nasi dengan isi berbeda.

"Salah satu burger andalan yaitu perpaduan hamburger klasik, burger keju Gojima. Ini 100 persen merupakan kombinasi daging Angus, keju leleh Amerika, tomat, acar Jepang, bawang bombay, lettuce dan saus spesial," kata Kojima.

Burger lain berisi salmon Tasmania, tuna ekor kuning, juga katsu. Selain burger, Gojima juga menyajikan ayam goreng, serta camilan manis.


(vga/vga)