Koki Swiss Buat Pie Daging Terbesar di Dunia

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Kamis, 22/12/2016 04:58 WIB
Sekelompok koki dari Swiss berhasil membuat pie daging berbobot lebih dari 80 kilogram dan diklaim sebagai pie terbesar di dunia. Sekelompok koki dari Swiss berhasil membuat pie daging berbobot lebih dari 80 kilogram dan diklaim sebagai pie terbesar di dunia. (Dok. ehl.edu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekelompok koki dari Swiss berhasil membuat pie daging dengan berat lebih dari 80 kilogram dan diklaim sebagai pie terbesar di dunia.

Melansir Metro, empat koki dari sekolah manajemen perhotelan Ecole Hoteliere de Lausanne (EHL) yaitu Romain Pellet, Damien Vancauwenberghe, Christian Segui, dan Fabien Pairon, berhasil membuat pie raksasa selama 40 jam.

Keempat chef tersebut menggunakan 16 jenis daging yang berasal dari Swiss, Italia dan Prancis. Selain itu, mereka juga menambahkan 27 jenis bahan lain, macam sayuran, untuk isiannya.


Pie yang dibuat oleh para chef ini termasuk pate en croute: berkulit pastry serta berisi daging (dan sayuran) tebal, plus berhias jelly di bagian atasnya.

Pie yang dibuat para chef ini memiliki dimensi panjang 150 centimeter, lebar 75 centimeter dan tebal sebesar 20 centimeter. Total berat pie mencapai 86,7 kilogram.

Melalui rilis yang dikeluarkan sekolah tersebut, pie buatan empat chef ini rencananya dibuat untuk dibagikan kepada seluruh siswa dan pengunjung di momen liburan akhir tahun.

Pie buatan koki dari Swiss ini tercatat di Guinness World Records per 15 Desember sebagai pate en croute terbesar di dunia.

Untuk rekor pie terbesar di dunia, menurut laman resmi Guinness World Records, masih dipegang oleh para siswa dari Stratford-upon-Avon College, Warwickshire, Inggris pada 12 April 1998.

Ketika itu, 17 siswa berhasil membuat pie daging terbesar dengan bobot 10.540 kilogram dengan ukuran panjang 9,75 meter, lebar 2,32 meter, dan tebal 0,61 meter.

Pie tersebut terbuat dari 5.500 kilogram daging sapi, dan sepuluh jenis bahan lain.





(vga/vga)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK