'Bonus' Serangga di Makanan Cepat Saji M&S

Vega Probo, CNN Indonesia | Senin, 26/12/2016 20:40 WIB
Seorang pria asal Inggris mendapati stink bug di makanan cepat saji yang dibelinya di toko Mark & Spencer (M&S) seharga 10 poundsterling. Ilustrasi: Seorang pria asal Inggris mendapati serangga di makanan cepat saji yang dibelinya di toko Mark & Spencer (M&S) seharga 10 poundsterling. (crocodelicacy/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak pernah terbayang dalam benak musisi Marco Furniss, bakal mendapati ‘bahan baku asing’ di makanan cepat saji keluaran Mark & Spencer (M&S) yang dibelinya, sepekan jelang Natal.

Selain ayam, kentang, tomat, jamur, kale dan rosemary, dalam kemasan menu Italian pot roasted chicken itu juga ada serangga macam kecoak! Gitaris asal Cheshunt, Hertfordshire, Inggris, ini tentu saja terperanjat.

Pasalnya, pria 45 tahun ini kadung menyantap makanannya beberapa suapan, sebelum menyadari ada ‘bahan baku asing’ tersebut. Laman Mirror menduga si serangga tak lain shield bug yang mengeluarkan bau tidak sedap.


Serangga yang satu ini biasa berkeliaran di China, Jepang dan Taiwan. Tapi kemudian juga ditemukan di Amerika Utara pada akhir 1990-an. Shield bug memproduksi cairan berbau menyengat dari kelenjar di bagian kaki.

Marco tentu saja berharap makanan yang dibelinya di toko M&S cabang Cheshunt seharga 10 poundsterling atau setara Rp165 ribu itu tak hanya mengenyangkan, melainkan juga memberikan kenikmatan di indra pengecap.

“Saya menelan beberapa suapan, lalu merasakan sesuatu yang aneh di mulut,” katanya, dikutip Mirror. “Saya menyembur dan melihat si serangga balas menatap saya.” Tentu saja si serangga sudah mati setelah makanan dipanaskan 30 menit.

Kemudian ia memperlihatkan si serangga ke kawan satu flatnya yang kebetulan berprofesi sebagai tukang kebun. Baru lah diketahui si serangga adalah shield bug alias stink bug. Marco, yang asli Edinburgh, Skotlandia, pun terperanjat.

“Saya membayangkan berapa banyak serangga dalam makanan itu, jika saya saja mengunyah beberapa di antaranya,” kata Marco. Sementara itu, pihak M&S mengaku telah melakukan investigasi serangga di produk makananannya.

“Kami memohon maaf dan telah menerima keluhan konsumen. Kami memproduksi makanan dengan sangat serius dan kami memastikan makanan kami dibuat dengan standar kualitas tinggi,” kata pihak M&S, dikutip Mirror.

“Kami sedang melakukan investigasi dan telah mengembalikan secara utuh uang konsumen,” pihak M&S menambahkan. Belum diketahui reaksi Marco setelah ini. Bisa jadi untuk sementara ia kapok membeli makanan beku.

(vga/vga)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK