AirAsia Diberi Izin Layani Rute Penerbangan ke Amerika

Ardita Mustafa, CNN Indonesia | Jumat, 27/01/2017 14:10 WIB
AirAsia Diberi Izin Layani Rute Penerbangan ke Amerika AirAsia X menjadi penerbangan berbiaya murah pertama yang mendapat izin melayani rute penerbangan ke seluruh kawasan AS. (REUTERS/Enny Nuraheni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maskapai penerbangan AirAsia, menjadi maskapai berbiaya murah pertama dari Asia yang mendapat izin resmi terbang ke Amerika Serikat.

Pihak maskapai penerbangan yang berbasis di Malaysia itu mengatakan kini Badan Pengawas Penerbangan AS (FAA) mengizinkan pesawat dengan penerbangan jarak jauhnya, AirAsia X, mendarat di seluruh kawasan AS, termasuk Hawaii.


“Saat ini kami melakukan ekspansi ke Asia, Australasia, dan Timur Tengah. Ekspansi di luar kawasan Asia Pasifik tentu saja akan memperluas pasar kami,” kata Pejabat Eksekutif AirAsia, Kamarudin Meranun, seperti yang dilansir dari Reuters pada Kamis (26/1).


Rencana ekspansi AirAsia diumumkan hanya beberapa hari setelah maskapai penerbangan Emirates menyatakan rencananya untuk mendaratkan pesawatnya di AS.


Namun, rencana tersebut terganjal oleh pertimbangan AS, yang menilai kalau tidak adil jika maskapai dengan dana subsidi pemerintah diberi izin tersebut.

Tapi, pihak Emirates mengelak dugaan sebagai maskapai penerbangan dengan dana subsidi dari pemerintah.


Namun, rencana tersebut terganjal oleh pertimbangan AS, yang menilai kalau Emirates ialah maskapai dengan dana subsidi dari pemerintah.

Sementara itu, pihak maskapai yang berbasis di Timur Tengah ini mengelak dugaan tersebut.

Dibukanya rute penerbangan ke AS membuat AirAsia kembali mempertimbangkan penerbangan ke London, yang ditiadakan sejak Maret 2012 karena isu kenaikan pajak.

“Kami juga tengah mempertimbangkan untuk kembali membuka rute ke London dan kami sedang mengupayakan untuk meraih izin yang diperlukan untuk mengoperasikan rute tersebut,” kata juru bicara AirAsia kepada Reuters.

Saat ini, AirAsia X mengoperasikan 30 pesawat berjenis Airbus A330-300, masing-masing dengan kapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 365 kursi kelas ekonomi.

Sejak pertama kali beroperasi pada 2007, AirAsia X telah mengantarkan 19 juta orang penumpang.

(ard)