Berapa Kandungan Kalori Sebutir Telur?

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 02/03/2017 13:48 WIB
Berapa Kandungan Kalori Sebutir Telur? Ada berapa kalori dalam sebutir telur ayam? (Foodies Feed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak ada yang bisa mengalahkan telur saat Anda ingin makan sarapan sehat. Nutrisi yang terkandung dalam sebutir telur memang sulit dikalahkan dan tergantikan.

Mengutip Extra Crispy, sebutir telur mengandung protein komplet dan dipenuhi dengan nutrisi.

Hanya saja yang jadi pertanyaan adalah, berapa banyak kalori yang terkandung dalam telur?


Sebenarnya jumlah kalori dalam telur ini tergantung pada ukuran telurnya sendiri. Berdasarkan American Egg Board, sebutir telur berukuran besar mengandung 70 kalori.  Semakin besar telur maka kandungan kalorinya pun semakin besar.

Berdasarkan United States Departement of Agriculture's Food Composition Databases (USDA), sebutir telur mentah berukuran besar memiliki 72 kalori.

Sedangkan telur mentah berukuran kecil hanya memiliki 54 kalori. Ukuran besar, kecil, dan jumbo ini disesuaikan dengan aturan USDA berdasarkan berat dari telurnya sendiri.

Berdasarkan perhitungan USDA, telur ayam jumbo memiliki berat sekitar 30 ons per lusinnya. Sedangkan telur besar memiliki berat 24-27 ons per lusin.

Jumlah kalori dalam telur sebenarnya tak cuma dihitung berdasarkan berat telur mentahnya. Ada faktor lain yang bisa memengaruhi kandungan kalori dalam telur adalah cara memasak.

Menurut USDA, sebutir poach egg memiliki k72 kalori, namun sebutir telur rebus memiliki 78 kalori. Sedangkan telur goreng memiliki kandungan 90 kalori.

Kandungan kalori tinggi dimiliki oleh telur orak-arik. Tipe telur ini memiliki kalori 91 kalori karena penambahan susu di dalamnya. Namun yang paling tinggi adalah telur ayam besar yang diolah jadi omelet (94 kalori).

Jumlah kalori ini akan jauh lebih tinggi jika Anda memasaknya dengan tambahan lemak. Misalnya minyak, mentega, atau pun tambahan telur. Selain itu, tambahan topping di atasnya misalnya keju, sayur, atau sosis akan menambah kalori juga. (chs)


BACA JUGA