Ingin Kopi Lebih Nikmat, Tambahkan Sejumput Garam

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Selasa, 11/04/2017 13:50 WIB
Ingin Kopi Lebih Nikmat, Tambahkan Sejumput Garam Lupakan sementara manis gula. Kandungan sodium di garam dapat menekan rasa pahit, dan meningkatkan citarasa kopi. (Foto: IT-STUDIO/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar kopi sepertinya tak pernah berhenti untuk membuat kreasi dari beragam jenis kopi. Dari latte triple venti soy tanpa busa hingga espresso, mereka selalu punya cara baru untuk menikmati kafein sebagai bagian dari gaya hidup.

Trennya kini orang dengan sengaja menambahkan garam ke dalam kopi mereka demi meningkatkan citarasa. Mungkin terdengar aneh, tapi bisa dijelaskan secara ilmiah.

Studi yang terbit di jurnal Nature, seperti dilansir dari The Independent, Senin (10/4), menunjukkan ion sodium menekan rasa pahit dan meningkatkan rasa kopi. Menambahkan sejumput garam ke dalam secangkir kopi akan melembutkan rasa kopi secara keseluruhan.


Tren ini menjadi menarik dan seketika menggeser manis gula, karena taburan garam juga tak kalah dalam hal menaklukkan rasa pahit berlebih pada kopi.

Ini bukan kali pertama penggemar minuman bicara soal menaburkan garam. 

Ahli minuman anggur sebelumnya sudah pernah memuji kehebatan garam karena kemampuannya untuk melembutkan dan menyeimbangkan rasa dari beberapa wine yang harganya murah.

Adalah Nathan Myhrvold, mantan kepala teknologi Microsoft, yang memiliki inisiatif akan penambahan garam pada wine ini. Ia melakukannya pada saat pesta makan malam ketika ia menambahkan sejumput garam pada gelas Cabernet, salah satu jenis wine tamu lain. Hasilnya, dia menemukan, secara keseluruhan rasa dari anggur semakin nikmat.

Namun, perlu diperhatikan, bahwa menambahkan garam terlalu banyak ke dalam kopi perlu dihindari. Cukup sejumput saja, karena bila berlebihan, rasa kopi akan lebih buruk dari sebelumnya.