Rekomendasi Kuliner

Petualangan Kuliner 'Mendebarkan' dan Penuh Misteri di Bali

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 14/04/2017 19:35 WIB
Petualangan Kuliner 'Mendebarkan' dan Penuh Misteri di Bali Salah satu sajian kuliner misterius Bali Food Safari (Dok. Istimewa)
Ubud, CNN Indonesia -- Bali tak hanya surga bagi para pecinta pantai, seni, atau budaya. Pulau Dewata ini juga menyuguhkan aneka ragam wisata kuliner. Uniknya, wisata kuliner di Bali tak semata menjual makanan asli Bali. Melainkan, sajian internasional bahkan perpaduan, menjadi nilai tambah tersediri untuk wisatawan di Bali.

Ragam restoran mulai dari kelas kaki lima hingga bintang lima menjamur di Bali. Namun nyatanya ini tak jadi jaminan untuk bisa mendapatkan makanan yang benar-benar enak.

Asal masuk ke restoran di Bali, bisa berujung petaka karena tak sesuai dengan lidah. Sialnya ini bisa menguras kocek. Tapi di sisi lain, masuk dan makan di restoran yang itu-itu saja bisa pasti membosankan.


Bagaimana caranya agar tak terjebak restoran mahal dengan rasa standar, tapi punya menu misterius yang membuat penasaran?

Pasangan suami-istri asal Australia Simon Ward dan Gael Ward menawarkan solusi unik untuk menikmati kuliner lengkap dengan keindahan Bali. Mereka datang dengan ide berwisata kuliner yang penuh misteri, Bali Food Safari.

Konsep Bali Food Safari menawarkan perjalanan unik bagi para pecinta kuliner. Safari ini membuat pesertanya hanya perlu duduk manis selama tur dan bersiap menyantap makanan yang sudah disiapkan di tempat yang tak diberi tahu sebelumnya. Di sinilah letak misterinya.  

Tak dimungkiri, jantung bakal berdebar keras sebelum mulai petualangan misteri ini. Pasalnya, Anda tak bakal diberi bocoran soal restoran mana yang akan dikunjungi, makanan apa yang akan disantap, dan lainnya. Dalam satu trip, ada empat lokasi yang bakal dikunjungi. Namun dengan total 10-12 sajian yang sudah dipilihkan sebelumnya.  Jadi siapkan perut Anda 'sebesar' mungkin.

Walau penuh misteri, tak perlu khawatir bakal mendapat restoran atau menu yang tak nikmat. Restoran-restoran tersebut sudah melalui seleksi rasa, penyajian, pelayanan, dekorasi, sampai pemandangan.

"Kami rutin melakukan inspeksi untuk mengecek kondisi di restoran tersebut," kata Direktur Pengembangan Bisnis Bali Food Safari Utami Fujiwiryani kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Perjalanan penuh misteri itu berlangsung di tiga lokasi ikonik di Bali yakni: Jimbaran, Seminyak, dan Ubud. Meski demikian, setiap trip memiliki rute dan juga restoran yang berbeda. Jadi setiap orang dijamin akan memiliki pengalaman bersantap misteri yang berbeda pula.

Untuk merasakan sensasi makanan penuh misteri itu, perlu merogoh kocek sebesar 150 dollar Australia atau sekitar Rp1,5 juta untuk satu orang. Harga yang terbilang murah untuk menyantap sampai dengan 12 makanan di empat restoran berbeda lengkap dengan transportasi.

CNNIndonesia.com berkesempatan mengikuti tur penuh misteri ini dan mencicip makanan fine dining pilihan di Ubud. Safari kuliner ini dimulai pukul 17.00 WITA.

Wisata kuliner ini memang dimulai di sore hari agar dapat menikmati matahari terbenam di Pulau Dewata dan memperkuat rasa makan malam romantis di Bali.

Makanan Misterius

Perjalanan ke restoran pertama dimulai dengan melewati jalan-jalan berliku dan melintasi sawah menuju pedalaman Ubud. Restoran misteri pertama berlokasi di tepi tebing.

Lokasi bersantap ditempatkan di depan kolam renang yang menghadap ke tebing dengan panorama matahari terbenam. Sayang, ketika itu matahari sedang tertutup awan. Namun, cahaya lilin yang temaram dan hangat sedikit menghibur hati.

Sebelum mulai bersantap, segelas minuman khas Bali yang terbuat dari air asam, soda, dan sereh serta roti berukuran kecil disajikan sebagai makanan penyambut.

Setelah menyantap makanan pembuka menu pertama pun datang berupa sup tomat. Porsinya tak terlalu besar. Dalam mangkuk kecil tertata cantik daging, keju, kacang pinus dan krim yang menggoda selera. Namun di mana sup tomatnya?

Sup tomat akan dituangkan ke dalam mangkuk sesaat akan disantap. Sup tomat yang memberikan rasa segar dan gurih saat berpadu dengan daging dan bahan lainnya.

Belum puas menyantap sup tomat, datang Ikan Kakap Putih dengan pure kacang hijau beserta saus mentega yang diracik dengan bawang putih. Makanan ini disajikan dengan acar dan daun bawang yang sudah dipanggang sebelumnya.

Aroma harum daun bawang panggang dengan saus mentega bawang putih gurih semakin menambah nikmatnya ikan kakap putih. Kesegaran ikan pun menjadi sebuah faktor penting dalam sajian ini. Sang koki menjelaskan, bahwa ikan ini merupakan ikan segar kualitas terbaik dari tangkapan nelayan.

Sebagai sajian ke-dua, sepiring kari bebek siap dilahap. Potongan kecil dada bebek yang dicampur dengan saus kari dan sosis membuat seluruh rongga mulut jadi kaya rempah Indonesia yang sedap. Daging bebek yang empuk pun membuat rasa gurih menyebar sempurna di mulut.

Berbagai sajian kuliner nikmat bakal memanjakan lidah AndaBerbagai sajian kuliner nikmat bakal memanjakan lidah Anda (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Misteri ke-dua

Sekitar satu jam di lokasi pertama. Tur berpindah ke tempat kedua. Kali ini, merupakan sebuah restoran Jepang berpadu latin yang luasnya tak terlalu besar. Restoran ini juga menyajikan pemadangan tebing yang memukau dengan lampu yang menerangi Ubud di malam hari.

Makanan pertama dibuka dengan salad ayam yang porsinya cukup besar. Wortel dan kol mendominasi salad tersebut ditambah saus mayonais. Namun, menu ini bisa dibilang kurang memuaskan, khususnya untuk yang suka sayuran.

Menu kedua datang dengan penyajian yang cukup unik. Merupakan daging bebek kuah jamur yang dihidangkan di cangkir kecil. Kuah sup yang berasal dari air jamur dibuat langsung di depan meja menggunakan mesin pembuat kopi.

Aroma jamur mulai tercium saat mesin itu berproses.

[Gambas:Instagram]

Restoran kedua ini ditutup dengan menyantap telur tim yang nikmat.

Restoran ke-tiga lokasinya tak jauh dari lokasi sebelumnya, hanya berjarak sekitar 10 menit. Restoran ini berada di pinggir jalan di Ubud.

Hidangan pertama yang disajikan adalah cumi-cumi empuk dengan tambahan saus Italia. Restoran ini memang terinspirasi dari negara tersebut. Sebagai camilan, Anda juga akan disuguhkan keju dan sayuran goreng yang nikmat untuk menanti sajian nikmat selanjutnya, spagheti daging kepiting.

Puas di tiga lokasi dengan sembilan hidangan, lokasi ke empat sengaja disiapkan khusus untuk makanan penutup. Makanan manis dengan tampilan cantik bakal jadi pencuci mulut.

Lokasinya cukup jauh dari tempat ketika berada di area pusat Ubud. Restoran ini memiliki dekorasi yang menarik dan cocok untuk pesta pernikahan.

Sajian pertama merupakan ketan hitam. Namun ini bukan sembarang ketan hitam biasa. Ketan hitam ini sedikit naik kelas dengan tambahan paduan santan, puding, dan pisang goreng saus karamel dalam satu piringnya.

Petualangan kuliner penuh misteri itu ditutup dengan kue leci dengan krim dari kacang mete dan almon. Sajian manis dan sempurna untuk menutup petualangan kuliner misterius Anda di Bali.

Sup tomat sebagai makanan pembuka di salah satu restoran misteriusSup tomat sebagai makanan pembuka di salah satu restoran misterius (Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)