Cara Pintar Cegah Gemuk Usai Makan Hidangan Lebaran

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 28/06/2017 08:13 WIB
Cara Pintar Cegah Gemuk Usai Makan Hidangan Lebaran Ada beberapa trik untuk membuat lemak usai makan makanan bersantan bisa luntur (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak ada salahnya makan berbagai makanan bersantan dan berlemak saat Lebaran. Hanya saja Anda harus ingat untuk mengontrol asupan makanan berlemak agar tak membuat lingkar pinggang makin besar.

Daripada bingung bagaimana cara menahan nafsu makan ketupat, gulai, dan opor, ada cara yang lebih mudah untuk membuat lingkar pinggang tetap bersahabat.

Kuncinya terletak pada kombinasi atau teman makan yang sesuai dan bisa membantu melunturkan lemak.



1. Makan sayuran bersama semua makanan
Agar berat badan tubuh tak melonjak naik, makan ketupat, gulai, opor, dan rendang kini harus ditemani dengan aneka sayur hijau yang sehat.

Peneliti dari University of Maryland mengungkapkan bahwa setelah menyantap makanan kaya lemak, fungsi arteri akan menurun.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengombinasikan aneka makanan berlemak dengan salad atau sayuran lainnya.

jus anggur dianggap bisa membantu menurunkan lemak dalam darah.Jus anggur dianggap bisa membantu menurunkan lemak dalam darah (Foto: Maja Petric)

2. Minum jus anggur
Peneliti di Chile menguji responden dengan makanan diet yang kaya buah dan sayur serta rendah lemak untuk melihat reaksi arteri.

Peneliti menilai bahwa konsumsi anggur merah akan membantu menurunkan kandungan lemak dalam makanan. Namun bukan cuma anggur merah, jus anggur ternyata dianggap punya fungsi yang sama.


3. Konsumsi oat
Mengutip Mind Body Green, studi lain mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi lemak sebaiknya juga mengonsumsi oat.

Saat mengonsumsi makanan berlemak, ada baiknya untuk menambahkan setidaknya 60 gram oatmeal agar makanan jadi lebih sehat untuk tubuh.