Delapan Hal yang Terjadi di Tubuh Saat Berhubungan Seks

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 15/08/2017 00:51 WIB
Delapan Hal yang Terjadi di Tubuh Saat Berhubungan Seks Ada beberapa hal yang terjadi di tubuh saat sedang melakukan hubungan seks. (Thinkstock/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manfaat seks memang sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Salah satunya adalah manfaat kesehatan dan psikologi.

Di balik alasan dan manfaat kesehatan serta psikologi, pernahkah berpikir tentang apa yang terjadi pada tubuh saat sedang bercinta?

Mulai perasaan bahagia, munculnya hormon kegembiraan, sampai meningkatnya risiko infeksi kandung kemih, berikut delapan hal yang terjadi di tubuh saat sedang berhubungan seksual.




1. Melepaskan hormon kegembiraan
Seks menstimulasi sekresi hormon kebahagiaan seperti oksitosin. Hormon ini akan membantu Anda terhubung dengan orang lainnya.

Hormon lain yaitu dopamin yang akan mengaktifkan bagian otak yang memberikan sebuah perasaan akan penghargaan. Hasilnya, Anda akan merasa puas dan dekat dengan pasangan.

2. Pembuluh darah melebar
Apa jadinya kalau pembuluh darah melebar? "Klitoris dan vulva akan membesar, seperti halnya pembuluh darah di dinding vagina," kata ahli urologi dan ahli kesehatan seksual Jennifer Bermen, dikutip dari Health.

"Ini akan menyebabkan lebih banyak sekresi dan pelumas." Selain itu wajah dan dada juga akan berubah jadi merah.


3. Meningkatnya sensitivitas
Saat sedang berhubungan seksual, zona erotis termasuk puting susu, telinga, leher, dan area genital akan menjadi lebih sensitif. Hal ini terjadi karena aliran darah meningkat dan adanya pelepasan neurotransmiter yang merangsang sensasi.

4. Munculnya bakteri
Selama berhubungan seks, bakteri dari usus vagina dan anus bisa masuk ke uretra dan berkembang biak. Oleh karenanya ini berpotensi untuk menyebabkan infeksi saluran kemih. Untuk menghindarinya, segeralah buang air kecil untuk membersihkan bakteri.


5. Membakar kalori
Sebuah studi di New England Journal of Medicine, bercinta bisa membakar kalori sebanyak 21 kalori. Dalam waktu setengah jam, seks bisa membantu membakar 100 kalori.

6. Jantung berdetak kencang
Seperti aktvitas aerobik, seks juga akan meningkatkan detak jantung Anda. Puncak detak jantung tercepat adalah saat Anda mengalami orgasme.

7. Otot tegang
"Selama orgasme, otot dasar panggul tanpa sengaja akan berkontraksi," kata Berman.

8. Merasa lebih santai
Orgasme bisa menjadi cara mendinginkan tubuh setelah aktivitas seks yang panas. Orgasme akan memicu peningkatan prolaktin, hormon yang akan menenangkan tubuh. (chs/chs)