Alasan Ilmiah Pria Langsung Tidur Usai Bercinta

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 29/08/2017 22:45 WIB
Alasan Ilmiah Pria Langsung Tidur Usai Bercinta Ada alasan ilmiah mengapa para pria kerap langsung tidur usai bercinta (Thinkstock/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jangan buru-buru kesal kalau melihat pria langsung tertidur usai bercinta.

Berdasarkan penjelasan ilmiah, ada beberapa alasan mengapa pria langsung tidur setelah bercinta. Hanya saja, tak ada satu pun alasannya yang terkait dengan kepuasan di ranjang, kepribadian, dan hubungan Anda.

"Reaksi kimia di tubuh pria berubah usai orgasme," kata David McKenzie, seorang terapis seksual di Vancouver, dikutip dari Reader's Digest.


"(Setelah bercinta) biokimia prolaktin dilepaskan, ini akan mengubah tubuhnya secara fisik dan membuatnya sangat lelah."


Sebaliknya, perempuan tidak akan mencapai orgasme setiap kali mereka bercinta. Jadi usai bercinta, Anda akan merasa masih setengah terangsang dan punya energi untuk berbicara tentang banyak hal, sementara dia sudah mulai pergi ke alam mimpi.

Sementara itu, Mark Leyner dan Billy Goldberg, penulis buku Why Do Men Fall Asleep After Sex? mengungkapkan adanya alasan lain tentang kebiasaan pria yang langsung tidur usai bercinta.

"Pria membutuhkan tenaga berat saat berhubungan seksual dan setelah klimaks. Ini akan membuat energi otot penghasil glikogen habis. Akibatnya pria akan mengantuk," katanya.

"Karena pria memiliki otot yang lebih banyak dari wanita, pria pun akan menjadi lebih lelah setelah berhubungan seksual."


Laura Betito, seorang psikolog dari Montreal yang mengkhususkan diri dalam terapi seks mengaungkapkan bahwa wanita lebih suka 'mengolah' pengalaman mereka. Inilah yang menyebabkan wanita lebih banyak bicara setelah berhubungan seksual.