Waktu Sarapan Ideal Buat Si 'Gila' Olahraga

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Selasa, 05/09/2017 08:14 WIB
Waktu Sarapan Ideal Buat Si 'Gila' Olahraga Mana yang lebih baik, sarapan setelah olahraga atau olahraga setelah sarapan? (Leeroy/Life of Pix)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi banyak orang, sarapan bukanlah hal pertama yang dilakukan setelah bangun tidur. Beberapa di antaranya lebih memilih untuk berolahraga sebelum sarapan, namun ada juga yang memilih sarapan sebelum olahraga.

Hanya saja, mana yang sebenarnya harus dilakukan terlebih dulu?

Tak dimungkiri kalau sarapan dianggap seperti makanan terpenting tiap hari. Pasalnya sarapan dianggap sama seperti waktu berbuka puasa.


Setelah tidur antara 7-8 jam, tubuh harus 'berbuka puasa' untuk mengisi bahan bakar tubuh demi menjalankan aktivitas harian. Jika Anda adalah orang yang suka berolahraga pagi, maka Anda tetap harus sarapan dulu sebelum mulai olahraga.


Ini tak berarti kalau Anda boleh langsung olahraga setelah sarapan. Idealnya, menurut Mayo Clinic, waktu tepat untuk sarapan adalah satu jam sebelum olahraga. Jeda waktu ini akan memberi lambung kesempatan untuk mencerna dan memungkinkan tubuh untuk merasa siap untuk bergerak. Jeda waktu ini juga akan membantu gula darah untuk 'bersiap di posisinya' kapan pun Anda butuhkan.

"Setelah sarapan yang sehat, gula darah akan meningkat sedikit, tapi butuh waktu beberapa saat sebelum tubuh bisa menyerapnya," kata Eric Rimm, seorang profesor epidemiologi dan nutrisi dari Harvard School of Public Health kepada Consumer Reports, dikutip dari Elite Daily.


Ada beberapa sarapan yang dianjurkan sesuai dengan bobot olahraga yang dilakukan. Jika Anda lebih senang untuk melakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan-jalan pagi, pilihan sarapan yang disarankan adalah yogurt, pisang dengan kacang, atau roti panggang.

Pilihan makanan ringan ini bisa disantap setidaknya setengah jam sebelum olahraga. Jika lebih suka makanan berat, maka makanan ini harus disantap satu jam sebelumnya.

Untuk yang suka maraton, sarapan yang dianjurkan adalah satu mangkuk oatmeal atau smoothie dengan tambahan protein. (chs/chs)