Donat Badai Irma yang Bikin Berang Dunia Maya

Christina Andhika Setyanti , CNN Indonesia | Selasa, 12/09/2017 10:08 WIB
Donat Badai Irma yang Bikin Berang Dunia Maya Beberapa bakeri menghadirkan kreasi donat yang terinspirasi dari badai Irma (Thinkstock/Design Pics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badai Irma yang menyapu Karibia dan Florida menyebabkan warga setempat harus dievakuasi. Untaian doa dan harapan agar bencana ini segera berlalu pun dipanjatkan.

Toko-toko makanan pun diburu untuk mendapatkan berbagai macam bahan makanan untuk persediaan. Di antara makanan kaleng dan botol air, ada satu makanan yang mengundang perhatian. Pasalnya, sebuah roti di toko tersebut dibuat dengan tema badai Irma.

Kue dengan tema badai irma ini pun dihadirkan dalam berbagai versi. Ada yang dihias dengan icing sugar warna-warni, ada yang ditulis dengan kalimat Weather It Out, Go Away Irma, dan lainnya.

Donat badai Irma ini pun dengan cepat jadi perhatian dan beredar di dunia maya. Seperti biasanya, ada dua reaksi yang muncul dari adanya kue badai, suka atau benci.

Namun, pertanyaan pun muncul, siapa yang akan membeli donat badai di tengah situasi darurat ini dan mengagumi detail krimnya? Selain itu, siapa orang yang sempat-sempatnya membuat kue hias badai ini?


Tom Sandberg, salah satu warganya mungkin tahu, karena dia membeli dan memakannya. Pria asli Florida ini dievakuasi ke pantai West Palm bersama istrinya. Di Jacksonville, dia pun membeli sebuah kue bertema badai Irma di sebuah toko makanan.

Sandberg mengungkapkan bahwa kue ini sangatlah cantik.

"Campuran cokelat dan vanilanya lezat sama seperti semua kue yang kami beli lainnya," ucap Sandberg kepada Extra Crispy.

"Banyak percakapan hebat dengan pelanggan toko lainnya tentang kue itu. (Kue itu) menjaga suasana hati tetap ringan karena badai ini selalu membawa kegelisahan pada semua orang."



Kue badai yang berwarna-warni ini tercipta dari sebuah keinginan untuk meringankan suasana hati dan juga sebagai harapan baik untuk menghadapi malapetaka. Hal inilah yang membuat Five Daughters Bakery di Santa Rosa, Florida menciptakan kue badai Irma tersebut.

Toko kue itu pun kue donat yang terinspirasi dari badai Irma di akun Instagramnya pada Sabtu (9/9), sehari sebelum badai melandai Florida.

[Gambas:Instagram]

Bakeri tersebut mendapat banyak kritik karena dianggap tak sensitif akan isu tersebut. Namun mereka pun tak meminta maaf atas kreasinya tersebut.

"Jika Anda menemukan unggahan kami mengganggu dan doa kami tak tulis, kami meminta Anda untuk tidak lagi mengikuti unggahan lagi dan berharap Anda menyalurkan energi untuk membantu dunia," tulis bakeri tersebut diikuti dengan tagar #hatersgonnahate dan #bakersgonnabake.

Warga net pun berang. Mereka menuliskan banyak unggahan kekecewaan terhadap pembuat donat yang dianggap hanya mencari keuntungan.

"Ini bukan waktunya perayaan kue" tulis @Mango dalam akun twitternya.

Dalam akun instagram, @ghnnem menuliskan: maksud saya, jika Anda benar-benar peduli, Anda akan menambahkan link amal di unggahan, atau katakan kalau bakeri Anda dapat banyak keuntungan. Yang saya lihat hanyalah sebuah promo yang tak tahu malu.

Selain Five Daughters Bakery, Cinotti's Bakery di Jacksonville juga membuat kue donat yang terinspirasi dari badai irma. Mereka bahkan menghias kue tersebut dengan sangat detail.

Donat tersebut dicelup dalam frosting putih, kemudian dihias dengan airbrush untuk menggambarkan tanda badai di radar.

[Gambas:Instagram]

"Saya percaya bahwa ada beberapa karyawan kami yang ingin membuat sesuatu yang menyenangkan terkait dengan badai. Beberapa tempat juga menghadirkan kreasi kue badai jadi kami juga bermain di situ," kata Michelle Cinotti Vinning, pemilik Cinotti.

Cinotting mengungkapkan bahwa dia sempat beranggapan bahwa penjualan tokonya akan berkurang karena ancaman badai. Namun kenyataannya, pelanggan rela antre untuk donat badai itu.

"Kami terus menggoreng donat selama tujuh jam hanya untuk memenuhi permintaan. Itu gila!"