logo CNN Indonesia

Lowongan CPNS Kemenpan-RB Dibuka untuk 91 Formasi

, CNN Indonesia
Lowongan CPNS Kemenpan-RB Dibuka untuk 91 Formasi ilustrasi: Kini giliran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka lowongan sebanyak 91 formasi. ( CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah Mahkamah Agung (MA) dan Kemenkumham, kini giliran 61 kementerian dan lembaga membuka kesempatan bagi putra-putri Indonesia untuk jadi bagian dari pelayan masyarakat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka lowongan sebanyak 91 formasi.

Sebanyak 19 formasi diperuntukkan bagi lulusan cumlaude atau dengan pujian. Sedangkan 4 formasi lainnya akan diisi dengan lulusan S3 alias mereka yang bergelar doktor.


Selain itu, PANRB juga membuka dua formasi khusus untuk penyandang disabilitas dan satu formasi untuk putra-putri dari Papua atau Papua Barat.

"Kami ingin mencari putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi ASN yang berkualitas, profesional dan melayani," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Rabu (13/9).

Selain itu, menurut Herman, formasi dengan lulusan cumlaude ini sejalan dengan harapan Menteri Asman Abnur agar ASN (Aparatur Sipil Negara) berisi orang-orang pilihan, khususnya lulusan cumlaude.

“Pemerintah ingin agar lulusan cumlaude dapat menjadi ASN, sehingga dalam rekrutmen CPNS tahun ini minimal sepuluh persen diperuntukkan bagi lulusan cumlaude,” ujarnya.


Dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com, Herman menjelaskan bahwa lulusan cumlaude harus berasal dari perguruan tinggi dan program studi terakreditasi A atau unggul.

“Hal itu harus dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude atau dengan pujian pada ijasah atau transkrip nilai,” ucapnya.

Sementara itu, untuk empat lulusan S3 nantinya akan menempati posisi Perencana Ahli Pertama, Analisis SDM Aparatur dan dua orang Analis Kebijakan Ahli Pertama. Untuk lulusan S2 akan mengisi 20 formasi dan lulusan S1 sebanyak 48 formasi.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai syarat dan alur pendaftaran, calon pelamar dapat mengakses situs resmi rekrutmen PANRB.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video