Finlandia, Negara Peminum Kopi Terbanyak di Dunia

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 02/10/2017 16:52 WIB
Finlandia, Negara Peminum Kopi Terbanyak di Dunia Berdasarkan data dari International Coffee Organization, Finlandia adalah negara dengan jumlah peminum kopi terbanyak di dunia. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kopi adalah salah satu minuman terfavorit yang banyak disukai orang. Setiap negara pun kini punya varian jenis kopinya sendiri, termasuk Indonesia.

Sebaran kopi pun sudah mulai merambah ke seluruh dunia. Jadi tak perlu heran jika di Eropa, biji kopi Indonesia juga ada dan sangat digemari.

"Sekarang yang lagi tren di sini adalah kopi Indonesia. Ada sembilan jenis kopi Indonesia yang sampai ke Bratislava, Slovakia," ungkap Andre Norman Akbar, Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Bratislava kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.


"Kopi Indonesia yang dibawa ke sini adalah kopi luwak, gayo, mandailing, sidikalang, belawan, bajawa, kintamani, toraja, lintong."

Pria yang disapa Norman ini mengungkapkan bahwa warga Bratislava termasuk pecinta kopi Indonesia. Tak cuma minum kopi, tapi mereka juga penasaran nama dan sejarah kopi tersebut.


Namun ketika disinggung soal negara mana yang paling banyak menyesap segelas kopi, maka Bratislava tidaklah termasuk di dalamnya.

Berdasarkan data global konsumsi kopi per kapita, Finlandia memegang posisi pertama sebagai negara dengan penikmat kopi terbanyak di dunia.

Warga Finlandia setidaknya menghabiskan 12 kg biji kopi per orang per tahunnya. Data ini dikeluarkan oleh International Coffee Organization (ICO).

Norwegia, Islandia, Denmark, dan Swedia juga menempati posisi 10 besar sebagai negara penikmat kopi terbanyak dunia.


Lucunya, Amerika berada di urutan 26, dan Inggris berada di urutan 45.

Berikut daftar negara penikmat kopi terbanyak dunia, dikutip dari Telegraph.

1. Finlandia, 12 kg per kapita per tahun
2. Norwegia, 9,9 kg per kapita per tahun
3. Islandia, 9 kg per kapita per tahun
4. Denmark, 8,7 kg per kapita per tahun
5. Belanda, 8,4 kg per kapita per tahun
6. Swedia, 8,4 kg per kapita per tahun
7. Swiss, 8,2 kgper kapita per tahun
8. Belgia, 6,8 kg per kapita per tahun
9. Luxembourg, 6,5 kg per kapita per tahun
10. Kanada, 6,5 kg per kapita per tahun

Sementara itu, negara eksportir kopi terbesar adalah Brasil. Menurut ICO, faktanya, Brasil sudah menjadi pengekspor kopi terbesar di dunia selama 150 tahun.

Negara ini menyuplai sekitar 80 persen kopi yang ada di dunia sejak 1920. Di posisi dua setelah Brasil, adalah Vietnam, Kolombia (posisi ke-3), Indonesia (posisi 4), dan Etiopia (posisi ke-5).