Dari Yoga Anak hingga Ashram Hadir di Namaste Festival 2017

Rahman Indra, CNN Indonesia | Sabtu, 11/11/2017 17:43 WIB
Dari Yoga Anak hingga Ashram Hadir di Namaste Festival 2017 Festival yoga, Namaste Festival kembali hadir tahun ini. Selain mengusung sejumlah instruktur yoga ternama, ada juga yoga untuk anak. Ilustrasi/Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perkembangan latihan kebugaran atau yoga makin pesat dan populer. Namaste Festival yang digelar setiap tahun kembali hadir tahun ini. Selain mengusung sejumlah nama instruktur ternama dunia, ada juga yoga untuk anak.

Guru yoga, Deera Dewi, mengungkapkan bahwa yoga menjadi salah satu cara toxic cleansing yang tidak hanya bermanfaat bagi tubuh tapi juga pikiran.

"Yoga mengajarkan the art of letting go. Bagaimana melepaskan semua rasa negatif dari pikiran karena yang membuat sakit di era modern ini adalah stres," ujarnya kepada CNNIndonesia.com di The Sultan Hotel, Jakarta (10/11).

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa yoga memberikan manfaat secara fisik, mental, dan spiritual bagi seseorang. Untuk melaksanakan yoga pun tidak dibatasi oleh usia.

"Yoga bisa untuk semua usia ada tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan berapa usianya. Ada untuk toddler, kids, teens, bahkan elderly," tuturnya.


Namaste Festival 2017 sendiri berlangsung selama tiga hari dari 10-12 November 2017, di The Sultan Hotel, Jakarta. Sejumlah nama instruktur ternama hadir di antaranya Jules Febre, Caleb Packham, Cristi Christensen, Kristen Schneider dan Dylan Werner. Sementara dari Indonesia, ada nama Anjasmara, Rima Melati dan Hendri Take.

Dari daftar programnya, festival yoga tahun ini memberi satu sesi khusus untuk yoga anak. Menurut Dewi, mengajarkan yoga sejak dini kepada anak juga mampu memberikan berbagai manfaat bagi pertumbuhan anak.


Energi positif yang diajarkan melalui yoga mampu membantu anak untuk lebih percaya diri dan memiliki gaya hidup sehat. Namun, manfaat utama mengajarkan yoga kepada anak terletak pada kemampuannya untuk mengajak anak berkonsentrasi dan fokus.

[Gambas:Instagram]

Anak-anak dikenal dengan sifatnya yang sulit untuk diam. Yoga tidak hanya mengajarkan untuk berdiam diri saja, tapi juga fokus dan berkonsentrasi melalui teknik pernafasan dan gerakan-gerakan yoga.

"Yoga untuk anak itu buat meningkatkan awareness melalui gerakan motorik dan konsentrasinya," paparnya lagi.


Melalui yoga anak bisa lebih tahu tentang fungsi bagian tubuhnya, mampu mengendalikan gerakan motorik dan lebih waspada dengan keadaan sekitar.

"Yoga mampu meningkatkan awareness akan lingkungan sekitar. Pada saat tubuh, nafas, dan pikiran tidak menjadi di tempat yang sama bisa cepat lupa. Selain itu bagus secara fisik dan mental. Sangat bagus untuk konsentrasi," ujar Dewi.

Selain mengusung sejumlah kelas yoga di empat podium, satu bazaar stage dan kids area, Namaste Festival 2017 juga meluncurkan program Namaste Bhakti dengan memberikan beasiswa kepada guru yoga Indonesia untuk belajar di Bodokon University, Miami, Amerika Serikat.

Selain berbayar, festival yang mengundang guru yoga dari berbagai penjuru dunia ini juga menyediakan sejumlah kelas menarik dan gratis seperti Yoga for Diabetic dan Prenatal Yoga di Bazaar Stage. (tab/rah)