10 Museum Paling Populer di Dunia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 15/11/2017 19:10 WIB
10 Museum Paling Populer di Dunia Ilustrasi. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Walau kini semakin banyak taman bermain dan pusat perbelanjaan yang dibangun, namun mengunjungi museum masih menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan turis saat berkunjung ke luar negeri.

Situs perjalanan wisata TripAdvisor belum lama ini mengumumkan daftar 10 Museum Paling Populer di Dunia. Daftar tersebut disusun berdasarkan jutaan komentar para penggunanya.


Berikut ini ialah sepuluh museum paling populer di dunia versi TripAdvisor:


1. The Metropolitan Museum of Art New York, New York, Amerika Serikat

Met Gala adalah satu dari banyak acara bergengsi yang digelar di museum ini. Turis yang sudah pernah berkunjung mengatakan kalau butuh waktu lebih dari sehari untuk bisa menikmati seluruh karya seni yang dipajang di setiap sudut museum ini.

[Gambas:Instagram]

2. The National WWII Museum, New Orleans, Amerika Serikat

Bertema militer, museum ini dibuka sebagai penghormatan bagi prajurit yang gugur dalam Perang Dunia ke-Dua. Tak hanya foto, replika pesawat tempur juga dipajang di dalam ruangannya.

[Gambas:Instagram]

3. Art Institute of Chicago, Chicago, Amerika Serikat

Museum ini tak berada jauh dari Millenium Park. Penggemar karya seni legendaris seperti milik Pablo Picasso atau Edward Hopper pasti betah berlama-lama di sini.

[Gambas:Instagram]

4. Musée D’Orsay, Paris, Perancis

Bangunannya berasal dari stasiun kereta api Palais d’Orsay yang kemudian dialihfungsikan menjadi museum pada 1986. Sebanyak 1.100 lukisan bertema impresionis bisa dilihat di sini.

[Gambas:Instagram]

5. State Hermitage Museum and Winter Palace, St. Petersbug, Rusia

Klasik dan berharga, adalah kesan yang terasa saat mengunjungi bangunan museum ini. Sebagai salah satu museum tertua di dunia, ada sekitar 3 juta karya seni berusia ratusan tahun yang bisa diamati satu persatu di sini.

[Gambas:Instagram]

6. The National 9/11 Memorial & Museum, New York, Amerika Serikat

Tragedi 9/11 sangat memukul penduduk Amerika Serikat. Museum ini dibangun sebagai saksi bisu pilunya peristiwa tersebut. Ada banyak benda bersejarah peninggalan korban yang terperangkap dalam bangunan Menara World Trade yang dipajang di museum ini.

[Gambas:Instagram]

7. National Museum of Anthropology, Kota Meksiko, Meksiko

Meksiko terbentuk dari banyak suku yang sebelumnya mendiami negara tersebut. Suku-suku itu meninggalkan banyak benda bersejarah yang tersimpan dengan baik di museum ini. Yang dipajang mulai dari benda seni sampai reruntuhan bangunan kuno.

[Gambas:Instagram]

8. Acropolis Museum, Athena, Yunani

Acropolis menyimpan banyak kisah yang diungkap dalam museum ini. Patung-patung antik banyak dipajang di sepanjang lorongnya, berikut dengan penjelasan mengenai legenda terbentuknya Yunani.

[Gambas:Instagram]

9. Prado National Museum, Madrid, Spanyol

Pecinta karya seni Eropa wajib datang ke museum yang bangunannya bergaya Neo-Klasik ini. Dibuka sejak 1819, pengunjung bisa menikmati karya seni milik Velázquez, Goya, Raphael dan Rubens tanpa biaya masuk.

[Gambas:Instagram]

10. Victoria and Albert Museum, London, Inggris

Berlokasi di London, Inggris, museum ini memamerkan sekitar 4,5 juta benda yang bertema arsitektur, seni, dan desain khas Inggris. Beroperasi sejak 1852, museum ini tak menarik bayaran untuk masuk ke pameran utamanya.

[Gambas:Instagram]

(ard)