Kalahkan Gigi Hadid, Adwoa Aboah 'Model of the Year' 2017

Rahman Indra, CNN Indonesia | Rabu, 06/12/2017 20:56 WIB
Kalahkan Gigi Hadid, Adwoa Aboah 'Model of the Year' 2017 Berhasil menggeser popularitas duo Gigi dan Bella Hadid, model Adwoa Aboah meraih predikat Model of the Year dalam The Fashion Awards 2017. (Foto: AFP PHOTO / ANGELA WEISS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gigi dan Bella Hadid menanjak popularitasnya dalam satu tahun terakhir. Begitu juga dengan Kaia Gerber, putri Cindy Crawford. Namun, gelar Model of the Year tahun ini justru jatuh pada Adwoa Aboah.

Aboah berhasil terpilih sebagai model tahun ini dalam gelaran bergengsi untuk dunia mode, The Fashion Awards yang diusung British Fashion Council, pada Senin (4/12).

Aboah membawa pulang gelar Model of The Year Award yang dipersembahkan Swarovksi, mengalahkan Gerber, duo Hadid, dan juga Winnie Harlow. Siapa Aboah?



Di luar fakta bahwa Inggris adalah tanah kelahirannya, model berusia 25 tahun ini dalam setahun terakhir memang mendapatkan banyak kesempatan besar dan pujian. Ia menjadi sampul majalah Vogue Inggris pertama pilihan Edward Enninful untuk edisi pertama kala ia menjabat.

Aboah juga telah berjalan untuk sejumlah label busana besar, serta bintang iklan Marc Jacobs Beauty, John Hardy dan H&M menyebut beberapa di antaranya.

[Gambas:Instagram]

Memenangkan penghargaan bergengsi buat para model ini, Aboah kini mengikuti jejak pendahulunya seperti Kate Moss, Cara Delevingne, Agyness Deyn, Jourdan Dunn, dan Eddie Campbell.

Terlahir dengan nama lengkap Adwoa Caitlin Maria Aboah pada 18 Mei 1992, ia sudah pernah berjalan untuk label ternama seperti Calvin Klein, Fendi, DKNY, Alexander Wang, Kenzo, Simone Rocha, dan Erdem. Aboah menjadi model sampul majalah Vogue Inggris edisi Desember 2017. Wajahnya juga pernah menghiasi sampul majalah Vogue Amerika, Vogue Italia dan i-D.

Selain modeling, ia juga menjajaki dunia film ketika memerankan 'Lia' dalam film Ghost in the Shell. Sebelum ini, ia juga mendapatkan penghargaan Woman of the Year 2017 dari British GQ.


Tahun lalu, Gigi Hadid berada di urutan teratas, membuat ia model Amerika pertama yang membawa pulang penghargaan tersebut. Tak lama berselang dari pengumuman sebagai peraih Model of the Year tahun ini, Hadid lewat akun Instagramnya menyampaikan ucapan selamat pada Aboah.

"Selamat British Fashion Council Model of the Year. Salah satu model favorit saya di dunia saat ini. Sungguh sangat menyenangkan melihat dirimu menanjak, pantas akan penghargaan. Terima kasih untuk waktu-waktu menyenangkan bersama, dan memberi saya kesempatan memotret kamu untuk Versus Versace SS'17, itu sebuah mimpi," ujarnya.



Dilansir dari W Magazine, Aboah saat menerima penghargaan mengenakan mini dress metalik rancangan label Inggris, Halpern. Ia melengkapinya dengan turban penutup kepala. Turut hadir dalam malam penyerahan penghargaan di Royal Albert Hall, London itu di antaranya Selena Gomez, Zendaya, Gerber, Rita Ora, dan Karlie Kloss yang malam itu jadi host.

Selain kariernya yang bagus di dunia mode, Aboah juga mendapat nilai positif berkat platform digital yang diusungnya bertajuk Gurls Talk, kampanye akan peduli gangguan mental dan mempromosikan keberagaman dalam industri modeling.

[Gambas:Instagram]

Daftar pemenang lengkap The Fashion Awards 2017

Model of the Year: Adwoa Aboah
Designer of the Year: Raf Simons, creative director Calvin Klein
Fashion Icon: Donatella Versace
Outstanding Contribution to British Fashion: Christopher Bailey, creative director Burberry
Special Award fo Innovation: Stella McCartney
Swarovski Award for Positive Change: Maria Grazia Chiuri, Dior
Accessories Designer of the Year: Jonathan J.W Anderson (atas kerjanya di label Spanyol, Loewe)
British Womenswear Designer of the Year: Jonathan J.W. Anderson (saat tampil di London Fashion Week)
Isabella Blow Award for Fashion Creator: Pat McGrath (makeup artist, beauty editor Vogue Inggris) (rah/rah)