5 Lokasi Syuting Film Star Wars 'The Last Jedi'

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 19/12/2017 15:26 WIB
5 Lokasi Syuting Film Star Wars 'The Last Jedi' Salar de Uyuni, salah satu lokasi syuting film Star Wars 'The Last Jedi'. (Wikimedia Commons/Edank)
Jakarta, CNN Indonesia -- Walau dibantu dengan banyak teknik animasi yang canggih, namun film Star Wars tetap melakukan syuting adegannya di lokasi dengan pemandangan yang menakjubkan.

Begitu juga dengan film Star Wars ‘The Last Jedi’ yang dibesut oleh sutradara Rian Johnson. Bersama tim produksinya, ia telah memilih beberapa negara yang memiliki lokasi bertema pas dengan kisah karya George Lucas itu.

Lokasi-lokasi yang dipilih tim produksi film Star Wars akhirnya ikut populer sebagai objek wisata baru.


Berikut ini ialah lokasi-lokasi yang ada dalam film Star Wars ‘The Last Jedi’:

1. Skellig Michael, Irlandia

Pulau yang dikelilingi tebing batu ini menjadi lokasi kediaman Luke Skywalker, Ahch-to. Lokasi ini sebelumnya muncul dalam akhir film ‘The Force Awakens’.

Sebelum dipilih menjadi lokasi syuting film Star Wars, Skellig Michael tak ada yang mengunjungi. Tak ada kehidupan juga di dalamnya.

Saat ini, semakin banyak agen perjalana wisata yang menawarkan paket ke pulau ini. Turis yang datang pun dibatasi, demi menjaga kelestarian alamnya.

[Gambas:Instagram]

2. Dubrovnik, Kroasia

Kota kasino Canto Bight berlokasi di kota Dubrovnik yang berada di Kroasia.

Kota kepulauan ini menjadi destinasi wisata musim panas yang populer di kalangan turis, terutama yang datang dengan kapal pesiar atau yacht.

[Gambas:Instagram]

3. Studio Longcross, London

Ketika Rey menjemput Luke Skywalker di Ahch-to, ia memarkirkan pesawat Millennium Falcon di sebuah dataran hijau.

Dataran hijau tersebut sebenarnya berlokasi di Studio Longcross yang berada di London. Studio ini memiliki lahan luas yang dikelilingi pepohonan, sehingga suasananya cocok dengan penggambaran Ahch-to.

Studio Longcross sempat menjadi pembicaraan di media sosial, karena ketahuan menjadi tempat parkir Millennium Falcon sebelum kabar pembuatan film 'The Last Jedi' tersiar. Kabar tersebut berembus saat pengguna Google Earth tak sengaja menemukan pesawat tersebut dalam pencariannya.

[Gambas:Instagram]

4. Ceann Sibéal, Irlandia

Pulau ini menjadi pilihan lokasi syuting adegan saat Luke Skywalker mengelola kuil Jedi. Tim produksi film Star Wars juga membangun rumah dengan atap berbentuk kepompong di sana.

[Gambas:Instagram]

5. Salar de Uyuni, Bolivia

Adegan pertempuran di akhir film Star Wars ‘The Last Jedi’ terlihat sangat dramatis. Adegan tersebut dikisahkan berlangsung di Crait, planet bertanah garam warna putih yang dapat berubah warna menjadi merah saat terhempas.

Syuting adegan tersebut dilakukan di Salar de Uyuni, yang memang benar bertanah garam namun tak akan memerah jika terhempas.

Lokasi ini telah lama menjadi destinasi wisata bagi turis yang menggemari fotografi alam karena pemandangannya yang dramatis.

[Gambas:Instagram]

(ard)