Lancong Semalam

Seharian di Dunia Lego Malaysia

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Minggu, 07/01/2018 08:45 WIB
Tak hanya seru, segala wahana permainan di Legoland Malaysia juga mengasah kreatifitas dan serba canggih. Ilustrasi. (Pixabay/eak_kkk)
Johor Bahru, CNN Indonesia -- Tak hanya anak-anak, Lego juga menjadi permainan favorit orang dewasa. Permainan yang merangsang imajinasi dan kreatifitas ini diciptakan oleh Ole Kirk Christiansen di Billund, Denmark, pada 85 tahun yang lalu.

Hingga saat ini, Lego telah mengalami banyak perkembangan. Sebagai salah satu ikon budaya pop, setiap karakter popular pasti dibuat dalam bentuk Lego-nya. Salah satu yang paling diincar koletor ialah karakter dalam film Star Wars.

Dari kepingan berwarna-warni, Lego bertransformasi menjadi taman bermain dan film layar lebar. Berbicara mengenai taman bermain Lego, saat ini ada delapan Legoland yang tersebar di Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Asia.


Tentu saja yang paling besar berada di Denmark. Sedangkan yang paling dekat dengan Indonesia ialah Legoland Jepang dan Legoland Malaysia.

Legoland menawarkan wahana permainan serta resor menginap. Wisata keluarga menjadi tema besar keseruannya.

Akhir pekan kemarin saya berkesempatan untuk datang ke Legoland Malaysia yang berada di kawasan Johor Bahru, dekat dengan Pelabuhan Tanjung Pelepas dan Gelang Patah.

Dari Jakarta pilih penerbangan yang mendarat di Bandara Internasional Senai Johor, karena dari sana jarak ke Legoland Malaysia hanya 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Bagi yang datang dari Kuala Lumpur, bisa berkendara selama sekitar 4 jam. Sementara yang datang dari Singapura bisa berkendara sekitar 2 jam..

Legoland Malaysia buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 7 malam. Saya memilih datang di hari Kamis, agar menghindari antrean panjang naik ke wahana permainan.

Saya memilih untuk menginap di resor Legoland, agar bisa merasakan pengalaman berada di dunia Lego yang lebih hakiki. Resornya memiliki empat tipe kamar, dengan tarif per malam mulai dari Rp2,2 jutaan.

Resor di Legoland Malaysia.Resor di Legoland Malaysia. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)


Tarif tersebut belum termasuk tiket masuk taman bermain Legoland, yang terdiri dari dua area, yakni Legoland Theme Park dan Legoland Water Park.

Untuk masuk ke Theme Park, tiket masuknya Rp536 ribuan per orang. Sementara ke Water Park, tiket masuknya Rp349 per orang. Jika ingin melakukan petualangan di dua area tersebut, lebih baik langsung membeli tiket terusan seharga Rp671 ribuan per orang.

Legoland Malaysia juga menyediakan tiket tahunan yang bisa digunakan sebagai tanda masuk selama setahun penuh. Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni Annual Pass Premium (untuk Legoland Theme Park dan Legoland Water Park) seharga Rp1,7 jutaan per orang serta Annual Pass Awesome (hanya untuk Legoland Theme Park) seharga Rp1,3 jutaan per orang.

[Gambas:Instagram]

Semua pengunjung Legoland Malaysia pasti berharap cuaca selalu cerah. Karena datang di akhir tahun, beberapa kali gerimis sempat turun.

Legoland Theme Park terbagi menjadi delapan area, yaitu The Begining, Lego Technic, Lego Kingdoms, Imagination, Miniland, Lego Ninjago World, Land of Adventure, dan Lego City. Total wahana yang ada di Legoland Theme Park ini berjumlah sekitar 70 wahana permainan.

10.00 - Ninjago, Observation Tower, dan The Dragon

Setelah melewati pintu masuk, langsung terdapat dua toko oleh-oleh yang menjajakan berbagai pernak-pernik Lego, yakni The Big Shop dan The Bricks Shop. Deretan barang yang dijual sangat membuat lapar mata, tapi saya memutuskan untuk bermain wahana terlebih dahulu.

Toko oleh-oleh di Legoland Malaysia. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)

Saya langsung menuju ke area Ninjago, yang berada dekat dengan area Miniland. Area ini menampilkan berbagai miniatur ikon sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, Indonesia, India, Myanmar, dan sebagainya.

[Gambas:Instagram]

Area Ninjago sangat kental dengan suasana khas Jepang. Di area ini, saya mencoba wahana Lego Ninjago Ride, berupa petualangan dalam kereta dengan teknologi 4D.

Sebelum kereta berjalan, penumpang diminta mengenakan kacamata 4D dan mengenal berapa tombol yang berfungsi sebagai senjata.

Salah satu adegan aksi dalam film animasi Ninjago yang tampil dalam wahana. (Dok. Warner Bros. Pictures)

Menurut saya, wahana ini sangat seru, karena musuh muncul secara tak terduga, sehingga saya harus cepat memencet tombol. Baik anak kecil dan orang dewasa yang naik wahana ini terdengar berteriak seru.

[Gambas:Instagram]

Setelah dari area Ninjago, saya menuju ke area Imagination. Di area ini, saya mencoba untuk naik wahana Observation Tower, untuk menikmati pemandangan Legoland Theme Park dari ketinggian.

[Gambas:Instagram]

Lalu, saya menuju ke area Kingdom. Sesuai namanya, bangunan di area ini dirancang khas kerajaan yang serba megah.

Di area tersebut saya menaiki wahana rollercoaster yang disebut The Dragon. Jalurnya lebih ngeri dari yang ada di Dunia Fantasi. Tapi karena sudah mengeluarkan uang sampai di Legoland Malaysia, saya nekat mencobanya.

13.00 - Makan siang dan Star Wars

Kaki masih terasa lemas setelah turun dari wahana The Dragon. Sambil mencari tempat istirahat, saya memutuskan untuk sekalian makan siang.

The Market Restaurant berkonsep seperti pusat jajanan makanan pada umumnya. Karena berada di Legoland, maka tempat makan ini banyak dihiasi oleh hiasan Lego. Usaha menyuapi anak kecil makan bisa terbilang lebih mudah di sini.

The Market Restaurant. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)

Di pusat jajanan ini, ada beragam menu yang ditawarkan mulai dari masakan khas Asia sampai Italia. Pilihan saya jatuh kepada Fish n Chips, menu umum yang dikenal ringkas penyajiannya sekaligus normal rasanya.

Area khusus pecinta Star Wars. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)

Lego Star Wars menjadi tujuan saya berikutnya. Di area ini, layar-layar besar memutar film pendek saga perang bintang itu.

Beragam intalasi Lego karakter Star Wars juga menarik minat pengunjung untuk datang ke area ini.

15.00 - Legoland Express

Dari perang bintang saya ke dunia purba di area Land of Adventure. Ada wahana Dino Island yang menarik minat saya, sebagai pecinta wahana Niagara di Dunia Fantasi.

Namun, sayangnya ketika saya kunjungi wahana tersebut sedang dalam tahap perawatan sehingga tak bisa dinaiki.

Dino Island. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)

Untuk mengobati kekecewaan, saya memilih untuk berkeliling Legoland Theme Park dengan menggunakan Legoland Express, sebuah kereta yang membawa pengunjung mengelilingi seluruh area.

16.00 - Boating School dan santai sore

Menjelang matahari terbenam, saya memilih bersantai di wahana Boating School, permainan dalam kapal yang bisa kita kendalikan untuk berkeliling di danau.

Selama perjalanan kembali ke resor saya berpikir kalau sebenarnya masih ada hasrat untuk mencoba wahana permainan yang lain. Hanya saja rasanya, butuh waktu lebih dari sehari untuk menjajal semuanya, karena taman bermain ini sangatlah luas.

Wahana di Legoland memicu kreatifitas anak. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)

Bagi anak-anak, Legoland Theme Park tentu menjadi hal yang menyenangkan, karena banyak permainan dan instalasi seru yang bisa dinikmati.

Tak hanya seru dan menantang nyali, segala wahana permainan di taman bermain ini juga benar-benar mengasah kreatifitas dan mengenalkan teknologi canggih nan kekinian bagi pengunjungnya.

(ard)