Menguak Tempat Rahasia Kerajaan Inggris Menyimpan Perhiasan

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 22/01/2018 08:38 WIB
Menguak Tempat Rahasia Kerajaan Inggris Menyimpan Perhiasan Selama Perang Dunia II, Kerajaan Inggris ternyata tidak menyimpan perhiasan mahkotanya di tempat yang biasa melainkan dalam kaleng kue bekas. (REUTERS/Peter Nicholls)
Jakarta, CNN Indonesia -- Umumnya perhiasan disimpan di dalam lemari atau brankas. Itu hanya perhiasan biasa, apalagi jika ini adalah perhiasan milik keluarga kerajaan.

Namun kenyataannya selama Perang Dunia II, Kerajaan Inggris ternyata tidak menyimpan perhiasan mahkotanya di tempat yang biasa. Perhiasan ini benar-benar disembunyikan di tempat rahasia, bahkan Ratu Elizabeth II muda pun tak tahu.

Namun dalam sebuah dokumentari berjudul The Coronation, tempat persembunyian perhiasaan ini pun terkuak.



Berbeda dengan kepercayaan butiran perhiasan di mahkota itu tak dikunci dalam sebuah brankas besi yang dijaga sekelompok pengawal atau disembunyikan di sebuah gua di Wales. Sebagai tindakan pencegahan pencurian dan kemungkinan invasi Nazi kala itu, Raja George VI menyimpan perhiasan tersebut dalam sebuah tempat yang sederhana dan tak terduga: kaleng kue bekas.

Raja George VI menyimpannya dalam sebuah kaleng kue Bath Oliver dan dikuburkan sedalam mungkin di bawah Pelabuhan Sally Windsor Castle.

Mahkota Ratu Elizabeth IIFoto: REUTERS/Peter Nicholls
Mahkota Ratu Elizabeth II


Mengutip The Daily Meal, di sini, terdapat dua buah ruang baja tempat menyimpan kaleng timah bekas itu. Para pekerja harus menutupi penggalian mereka dan bekerja di malam hari agar tak terdeteksi pilot Jerman yang sering terbang di langit Inggris.

Menurut Washington Post, dalam wadah kaleng kue tersebut berisi dua buah berlian besar cullinan diamond (berlian kasar berkualitas tertinggi yang pernah ditemukan) bernama Star of Africa atau berlian 530 karat yang diletakkan di tongkat kerajaan.


Selain itu juga ada second star of Africa yaitu berlian 66 facet, 314 karat. Berlian ini diberikan kepada Raja Edward oleh pemerintah Afrika Selatan. Bersamaan dengan itu ada juga Stuart Sapphire yang diletakkan di mahkota Ratu Victoria, dan juga Black Prince Ruby yaitu spinel 170 karat yang dipakai oleh Raja Inggris sejak Henry V.


(chs/chs)