Kampung Pelangi Bakal Hadir di Kota Tarakan

ANTARA, CNN Indonesia | Jumat, 26/01/2018 13:19 WIB
Kampung Pelangi Bakal Hadir di Kota Tarakan Ratusan rumah yang dicat berwarna warni di kampung Wonosari, Semarang. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsep Kampung Pelangi dinilai sukses memberi daya tarik bagi kawasan yang sebelumnya terbengkalai. Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana untuk membuat kota Tarakan di Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi proyek percontohan Kampung Pelangi di sana.

Pertimbangan menjadikan Tarakan sebagai lokasi proyek percontohan adalah karena kawasan tersebut merupakan daerah transit dan pintu gerbang Kaltara.

Salah satu area yang bakal diubah menjadi Kampung Pelangi ialah perkampungan nelayan yang ada di sana.


“Selain dicat warna-warni, akan ada juga pembersihan kawasan pesisir pantai. Sehingga turis bisa datang menikmati wisata alam dan kuliner di sini,” kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kaltara, Sunardi, seperti yang dilansir dari Antara.

Langkah awal proyek ini akan menyasar 100 rumah warga dengan nilai anggaran Rp5 juta setiap rumah, yang dimulai dari perkampungan nelayan di Pelabuhan Tengkayu II, karena dinilai paling ramai.

“Apabila program ini berhasil memancing kedatangan turis di Kaltara, maka berikutnya dilakukan juga di kabupaten lain, seperti Kabupaten Nunukan dengan potensi yang mirip dengan Kota Tarakan,” ujar Sunardi.

[Gambas:Youtube]

(ard)