Bahaya Tas Kamera untuk Kesehatan Tulang

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 01/02/2018 16:05 WIB
Bahaya Tas Kamera untuk Kesehatan Tulang Berat kamera dan berbagai perlengkapan tambahan foto lainnya membuat beban di pundak makin bertambah dan berbahaya untuk kesehatan. (Pixabay/StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang fotografer selalu membawa kamera dan peralatan memotretnya di dalam tas.

Namun tak dimungkiri kalau kamera bukanlah benda yang ringan. Berat kamera dan berbagai perlengkapan tambahan foto lainnya membuat beban di pundak makin bertambah.

Beruntung kalau tas kamera yang dipakai adalah tas punggung alias backpack. Hanya saja, demi alasan gaya, banyak orang memilih tas kamera dengan gaya messenger atau selempang.



Masalahnya, tas kamera selempang atau tas yang hanya dibebankan pada satu sisi tubuh ternyata bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

Fotografer Jay Perry memiliki pengalaman buruk mengenai masalah kesehatan. Dalam video berdurasi tujuh menit ini, ia memberikan sebuah nasihat.

Dalam video tersebut Perry menceritakan pengalamannya yang merasakan sakit pada bagian kepala dan punggung.

Lima tahun yang lalu, Perry mengalami sakit punggung dan sakit kepala yang sangat buruk. Perry sudah berkonsultasi dengan dokter dan telah diberi resep obat. Setelah itu Perry juga pergi ke dokter spesialis.

Dokter spesialis tersebut menduga tas ala messenger yang selama ini digunakan Perry untuk membawa kamera membuat ia mengalami rasa sakit tersebut. Tas tersebut telah menarik salah satu sisi tubuhnya. Ahli osteopati mengatakan kepada Perry bahwa bahu kanannya lebih rendah dari bahu kirinya.

"Jika melakukan suatu hal dengan satu sisi tubuh lebih dari sisi yang lain akan membuat otot menjadi tidak seimbang" kata Jarek, seorang ahli terapi pijat dikutip dari Petapixel.


Kebiasaan membawa kamera menggunakan tas selempang bisa diatasi dengan menggunakan tas ransel. Membawa kamera dengan menggunakan tas ransel akan membantu tubuh menopang beban dengan seimbang. Beban dari kamera akan ditopang oleh kedua pundak, sehingga seimbang dan terhindar dari rasa sakit.

Selain penggunaan tas, seorang fotografer juga harus memperhatikan postur tubuh. Kebanyakan fotografer menghabiskan waktu duduk di depan layar komputer yang bisa menyebabkan masalah serupa. (cel/chs)