Menyelisik Tahap-tahap Pendaftaran SNMPTN 2018

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 23/02/2018 18:13 WIB
Menyelisik Tahap-tahap Pendaftaran SNMPTN 2018 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi 2018 terdiri dari empat tahapan dari mulai verifikasi data, pendaftaran, pengumuman seleksi dan pendaftaran ulang. (Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bagi siswa SMA telah dibuka. Para siswa sudah bisa mendaftar sejak Rabu (21/2) hingga Kamis, 6 Maret mendatang.

Waktu dua pekan ini mesti dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa, sekolah dan orang tua murid agar dapat memastikan satu kursi di perguruan tingga favorit.

Untuk mendaftar, ada baiknya memperhatikan jadwal dan tahapan yang sudah dibuat oleh Panitia Pusat SNMPTN 2018. Berikut tahapan pendaftaran SNMPTN 2018.



1. Pengisian dan Verifikasi PDSS (13 Januari - 10 Februari 2018)

Pada tahap ini Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa. Tahapan ini sudah selesai dilakukan masing-masing Kepala Sekolah.  Setelah itu, Panitia Pusat melakukan pemeringkatan dari data yang sudah diisi oleh Kepala Sekolah. Pemeringkatan menghasilkan daftar siswa yang berhak mengikuti SNMPTN 2018.

2. Pendaftaran SNMPTN (21 Februari - 6 Maret 2018)

Siswa yang memenuhi kriteria dapat melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor induk siswa nasional (NISN) dan password login ke laman SNMPTN 2018 https://www.web.snmptn.ac.id.

Pada tahap ini, siswa mesti mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi, dan mengunggah pasfoto serta dokumen prestasi jika ada. Khusus siswa pada program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan di laman SNMPTN. Pengunggahan ini bisa dilakukan selama proses pendaftaran.


Pendaftar dapat memilih paling banyak tiga program studi dari dua PTN. Pada tahap ini, siswa dituntut untuk berhati-hati dan memikirkan pilihan dengan matang. Finalisasi dan pencetakan kartu pendaftaran bakal ditutup tepat pukul 23.59 WIB.

Pendaftar tak perlu mengeluarkan biaya apapun karena biaya SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah.

3. Pengumuman Hasil Seleksi (17 April 2018)

Panitia Pusat SNMPTN bakal mengumumkan hasil SNMPTN sebulan setelah pendaftaran ditutup pada Selasa, 17 April 2018 melalui laman resmi SNMPTN.

4. Pendaftaran Ulang (8 Mei 2018)

Setelah mengumumkan kelulusan, peserta mengikuti proses pendaftaran ulang dengan memverifikasi dokumen di PTN masing-masing pada Selasa, 8 Mei 2018. Ini bersamaan dengan pelaksaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Siswa yang tak lolos SNMPTN dapat kembali mencoba tes perguruan tinggi melalu jalus SBMPTN. (rah/rah)