Aneka Kuliner dari Nouvelle Aquitaine di 'Good France' 2018

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 09:51 WIB
Aneka Kuliner dari Nouvelle Aquitaine di 'Good France' 2018 Pesta kuliner Perancis 'Good France' tahun ini merayakan kekayaan kuliner dari kawasan barat daya Perancis, Nouvelle Aquitaine. Apa saja? (Foto: Thinkstock/Flisak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya terkenal berkat fashion, Perancis juga dikenal lewat kulinernya. Salah satu wilayah di Perancis, Nouvelle Aquitaine adalah kota wisata yang juga terkenal lewat sajian kulinernya.

Winnalia Lim dari Badan Pariwisata Prancis Atout France menjelaskan Nouvelle Aquitaine merupakan wilayah di barat daya Perancis yang keragaman kulinernya dipengaruhi wilayah yang berupa gunung dan laut.

"Gunung dan laut, jadi ada makanan laut dan hasil peternakan," kata Winna di sela konferensi pers gelaran 'Good France' di IFI, Jakarta Pusat, Selasa (14/3).



Beberapa sajian khas Nouvelle Aquitaine memang tak asing lagi di mata penikmat kuliner.

Foie gras. Nouvelle Aquitaine terkenal berkat foie gras. Sajian ini pula yang jadi kuliner andalan Perancis. Foie gras berarti 'fatty liver' atau hati berlemak. Sajian terbuat dari bebek atau angsa.

Confit de canard. Ingin coba sajian dari angsa dan bebek dalam bentuk berbeda? Cicipi saja confit de canard. Sajian ini dibuat dari bebek utuh.

Magret de canard. Jika tak menyukai bebek secara utuh, orang bisa menyicip magret de canard. Seperti confit de canard, sajian ini juga terbuat dari bebek tapi khusus bagian dada. Ia biasa dipanggang atau digoreng dan disajikan berupa irisan tipis. Daging bebek dihidangkan dalam keadaan sedikit berwarna pink atau rose di bagian dalam.

Poulet basquaise. Salah satu kota di Nouvelle Aquitaine, Basquaise, juga memiliki kuliner khas. Awalnya, poulet basquaise adalah makanan yang terbuat dari sayuran dan roti. Kini ia biasa diganti dengan saus yang terbuat dari capsicum, bawang bombay dan tomat.

Canele cake. Bordeaux, salah satu kota di Nouvelle Aquitaine juga menyimpan kue khas Prancis yang kini telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Canele cake ialah kue berukuran mini yang diberi rasa rum dan vanila.

[Gambas:Instagram]

Goat cheese. Seperti yang disampaikan Winna, wilayah ini juga kaya akan hasil peternakan, termasuk peternakan kambing. Salah satu produk olahan kambing berupa keju dari susu kambing atau goat cheese. Label yang terkenal antara lain Chabichou goat's cheese dan Roquefort, yang dijuluki 'the king of cheese'.

Kerang Oleron. Nouvelle Aqutaine juga dikenal lewat hasil lautnya. Kerang oleron telah mengantongi label appellation d'origine controlee (AOC). AOC merupakan sertifikasi pangan dengan standart mutu tinggi, konsisten dalam produksi serta area produksi yang didesain sedemikian rupa.

[Gambas:Instagram]


Kekayaan kuliner inilah yang bakal jadi inspirasi restoran-restoran yang berpartisipasi dalam gelaran Good France pada 21 Maret mendatang. Para penikmat kuliner bisa menyicip cita rasa Prancis dengan mengunjungi 40 restoran di 10 kota di Indonesia.

Untuk Jakarta, sebanyak 15 restoran terlibat dalam gelaran ini yakni Amuz Gourmet, Anigre Restaurant, Garcon, Olivier, Restaurant Emilie, Avec Moi Restaurant and Bar, Orient8 (Hotel Mulia Senayan), Bistro Baron, Sea Grain (DoubleTree by Hilton), Oku Japanese Restaurant (Hotel Indonesia Kempinski), Ninety-Nine Restaurant, AMKC Atelier, Frank's Bar & Smokehouse, Lyon dan Maple & Oak. (rah)