Tips Mudah Mengatasi 'Pusingnya' Mencuci Pakaian

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 18/03/2018 12:06 WIB
Tips Mudah Mengatasi 'Pusingnya' Mencuci Pakaian ilustrasi (utroja0/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pekerjaan rumah yang cukup padat membuat banyak ibu rumah tangga mengalami kesulitan dalam mengurus rumah.

Mencuci pakaian bisa menjadi salah satu hal yang sulit dan lama. Salah cara mencuci, pakaian bisa jadi luntur ataupun rusak.

Mengutip laman travelandleisure, penulis buku Home Sweet Maison: The French Art of Making a Home, Danielle Postel-Vinay memberikan beberapa tips mudah untuk mencuci pakaian.



1. Gunakan sabun cuci yang berbeda untuk noda yang berbeda
Beberapa jenis noda yang biasa ada di baju biasanya noda akibat minyak, make up, saus,tinta, ataupun darah dan minyak. Biasakan untuk menggunakan jenis sabun cuci yang berbeda untuk menghilangkan noda yang berbeda.

Bahan kimia yang sama belum tentu bisa membersihkan noda yang berbeda. Menggunakan sabun cuci yang berbeda akan membantu menjaga kualitas pakaian. Hal tersebut juga dapat membantu menjaga jin, seprei dan blus kerja dari 'serangan' noda.

2. Jangan menggunakan pengering pakaian
Biasanya mesin cuci selalu dilengkapi dengan mesin pengering. Ini membuat semua orang jadi ketergantungan dengan mesin pengering tersebut.

Postel-Vinay menyarankan untuk menghindari penggunaan mesin pengering, kecuali jika benar-benar diperlukan. Sebaiknya keringkan pakaian dengan menggunakan panas alami dari sinar matahari. Pakaian yang telah dicuci akan lebih baik langsung dijemur di bawah paparan sinar matahari. Menghindari penggunaan pengering juga akan mengurangi resiko kerusakan pada pakaian.

3. Setrika pakaian
Menyetrika setumpuk pakaian mungkin menjadi hal yang menyebalkan bagi setiap orang. Selain itu menyetrika pakaian juga memakan waktu lama.

Untuk itu sebaiknya sediakan steamer agar mudah ditarik saat pagi hari untuk menghilangkan kerutan pakaian.


4. Periksa pakaian sebelum dimasukkan ke mesin cuci
Sebelum meletakkan pakain kotor ke dalam mesin cuci sebaiknya periksa kembali dengan membalikkan pakaian. Jangan sampai ada pena yang tertinggal di saku agar tidak membuat baju terkena noda.

Periksa setiap saku pada celana jins, jika ada logam yang akan menggores mesin cuci sebaiknya cuci jins dengan menggunakan tangan. Membalikkan pakaian juga akan membantu mengurangi resiko yang dapat membuat pakaian menjadi rusak.

5. Lipat pakaian dengan tepat
Melipat pakaian menjadi hal yang wajib dilakukan apa lagi ketika menyetrika. Melipat pakaian harus dilakukan dengan cara yang benar agar pakaian menjadi rapi.

Meskipun ada banyak cara untuk melipat handuk, sebaiknya gunakan salah satu metode saja. Hal itu dilakukan agar menciptakan tampilan yang konsisten. (cel/chs)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA