Dilengkapi Fitur Canggih, Satu Toilet Dijual Rp150 Juta

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 04:07 WIB
Dilengkapi Fitur Canggih, Satu Toilet Dijual Rp150 Juta Diklaim sebagai yang paling canggih dan nyaman, toilet buatan Jepang ini dihargai fantastis hingga Rp150 juta. (Ilustrasi/Foto: Dok. TOTO Museum)
Jakarta, CNN Indonesia -- Inovasi akan toilet yang dibutuhkan setiap orang seperti tak pernah berhenti. Jepang, yang cukup terkenal berkat desain toilet canggihnya, menghadirkan satu lagi teknologi baru yang membuat toilet canggih dengan fitur yang 'memudahkan' dan 'membuat takjub'.

Sekilas, toilet Toto Neorest NX2 ini tampak seperti toilet duduk biasa dengan desain lebih modern. Namun, bedanya, toilet ini dihargai fantastis hingga Rp150 juta.

Harga itu disebut sebanding dengan sejumlah fitur yang terdapat di dalamnya yang diklaim bakal menjadi yang 'ternyaman' buat dipakai buang hajat. Apa saja?



Toilet ini memiliki sensor otomatis yang bakal langsung membuka penutup toilet. Ia juga dilengkapi built-in dryer atau pengering otomatis yang ditengarai dapat menggantikan fungsi kertas toilet. Di dalamnya juga terdapat sabun atau pewangi yang mengatasi bau tak sedap.

Tak hanya itu, ada beberapa fitur pelengkap lainnya seperti sistem penghangat pada dudukan yang bakal memberikan kehangatan pada bokong dan membuat proses pembuangan lebih lancar.

Di luar itu, toilet ini menggunakan air yang terionisasi yaitu air elektrolisis yang memiliki sifat pembersihan dan antibakteri. Jika pembersihan melalui air tak cukup, toilet ini bakal mengeluarkan teknologi sinar ultraviolet 'actilight'. Alhasil, toilet ini mampu membersihkan kotoran yang menempel dengan sendirinya.


Kenyamanan dan kecanggihan yang ditawarkan toilet ini membuat harganya meloncak. Dikutip dari Oddity Central, toilet canggih ini dihargai US$11 ribu atau setara Rp150 juta, berkali-kali lipat dari harga toilet umumnya. Sebagai perbandingan, toilet di Indonesia rata-rata dijual hanya Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta.

Toilet keluaran Toto tersebut bukan satu-satunya toilet 'mewah' dan berharga fantastis. Beberapa produsen toilet lainnya juga pernah mengeluarkan koleksi mereka yang tak kalah 'mahal' dan canggihnya.

Inax, dari AS misalnya pernah merilis toilet dengan fitur sensor gerak, tempat duduk hangat, serta musik pengiring kala sedang buang hajat. Fungsi pembersih dan pengeringan juga sangat mudah. Harganya seperti mengutip Bella Bathrooms, sekitar 4.000 poundsterling atau Rp77 juta-an.

Lalu, ada Numi by Kohler dari AS yang juga berharga fantastis, yakni sekitar Rp87 jutaan. Fiturnya tak kalah lengkap, bahkan dengan ketersediaan slot kartu SD dan USB, serta LCD layar sentuh yang memungkinkan untuk bekerja atau sembari menikmati tayangan hiburan. Buang hajat menjadi aktivitas yang bisa jadi menyenangkan. 

[Gambas:Youtube] (rah/rah)


ARTIKEL TERKAIT