Anjasmara Jadi Guru Yoga Hingga Dubai dan India

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Jumat, 23/03/2018 17:49 WIB
Anjasmara Jadi Guru Yoga Hingga Dubai dan India Lima tahun berkecimpung di dunia yoga, aktor Anjasmara telah mengajar hingga ke Dubai dan negeri asal yoga, India. Apa yang membuatnya betah? (Foto: CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Anjasmara terkenal berkat aktingnya yang memukau di sinetron Si Cecep yang fenomenal pada 2004. Kini, 'Si Cecep' yang berkebutuhan khusus itu sudah melanglang buana mengajar yoga hingga ke Dubai dan India.

Saat ini, Anjasmara tak hanya fokus pada dunia hiburan, tapi juga yoga yang sudah menjadi gaya hidupnya sejak awal 2000 lalu.

"Sejak dulu saya suka sama yang namanya spiritual. Di awal 2000, saya memperdalam meditasi. Saya melakukan sedikit riset dan yoga merupakan salah satu yang banyak unsur meditasinya di samping olahraga," kata Anjasmara saat bercerita pengalamannya beryoga kepada CNNIndonesia.com dalam acara Bali Spirit Festival, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sejak saat itu, Anjasmara menggeluti yoga di sela-sela aktivitasnya. Suami aktris Dian Nitami ini merasa mendapatkan banyak manfaat dari yoga. Mulai dari konsentrasi yang membaik, pengenalan diri yang meningkat, kesadaran dan kepedulian yang semakin timbul, hingga mengendalikan stres.


Keseriusan Anjasmara berlatih yoga membuat sang istri memaksanya untuk mengambil kelas mengajar.

"Pada 2013 saya dipaksa sama istri saya untuk ambil kelas untuk mengajar yoga. Saya coba saja, tapi waktu itu enggak ada pikiran ngajar sama sekali," tutur Anjasmara.

Anjasmara lalu mengikuti pelatihan selama sekitar delapan bulan atau setara 200 jam. Lulus kelas itu, Anjasmara memberanikan diri membuka kelas mengajar yoga. Dia kemudian menambah lisensinya menjadi 500 jam.

Kini, Anjasmara mengajar yoga aliran Hatha dan Vinyasa serta meditasi, serta membuka kelas di rumahnya setiap Senin dan di Gudang-Gudang Yoga setiap Kamis. Selain itu, beberapa kelas privat juga dilakoni Anjasmara. Dalam mengajar, dia lebih banyak menuntun pengenalan diri para peserta yoga.

"Saya mengikuti yoga klasik yang ada dan lebih pengenalan diri, meresapi diri, pendalaman, kesadaran terhadap pikiran dan napas," ucap Anjasmara.


Biasanya Anjasmara mengajar kelas kecil berisi belasan orang. Paling banyak, Anjasmara pernah memandu 2.000 orang untuk berlatih yoga saat ulang tahun Kabupaten Klungkung, Bali beberapa waktu lalu.

Tak hanya di dalam negeri, kemampuan yoga Anjasmara juga diakui mancanegara. Awal bulan ini misalnya, Anjasmara baru saja memandu yoga dengan sekitar 300 peserta di sebuah festival yoga akbar di Dubai, Uni Emirat Arab.

Anjasmara juga pernah beberapa kali mengajar di India, negara asal yoga. Dia bahkan sudah menerima empat penghargaan dari India karena dianggap berhasil menyebarkan semangat yoga di Indonesia.

"Mereka melihat saya seorang Muslim yang banyak memberikan pengaruh kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk beryoga," kata bintang film Joshua oh Joshua itu.


Selain beryoga, kini Anjasmara juga masih terlibat beberapa proyek film dan sinetron. Lewat yoga Anjasmara mengaku mendapat ketenangan, sedangkan lewat dunia hiburan, dia mendapat keuntungan finansial.

"Kalau secara ketenangan jiwa ya yoga, tapi kalo secara finasial ya jelas saja sinetron lebih banyak," ujar Anjasmara. (rah/rah)