UNBK: Kombinasi 'Latihan' Kejujuran dan Kepandaian Siswa

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 09/04/2018 11:15 WIB
UNBK: Kombinasi 'Latihan' Kejujuran dan Kepandaian Siswa ilustrasi UNBK 2018 (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA digelar hari ini, Senin (9/4).

Di hari pertama UNBK 2018 SMA ini, materi yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Sedangkan di hari kedua matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari keempat adalah satu mata pelajaran jurusan yang diujikan.

Aturan pengujian siswa SMA ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 77 tahun 2008 tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas atau yang setara Madrasah Aliyah menyebutkan UN adalah suatu kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan menengah (pasal 1).



Berdasarkan pasal dua, UN ini bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional di pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Ujian Nasional diartikan sebagai puncak dari segala proses belajar di bangku sekolah yang sangat menentukan bagaimana dan apa yang telah diperoleh selama peserta didik belajar dan menerima pelajaran dari para pendidik," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudiyanto, dikutip dari Antara.

UN yang dilaksanakan ini dibagi menjadi dua metode yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UN-KP).

Di Provinsi Riau, kata Rudiyanto sebanyak 27.830 siswa tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) asal 276 unit sekolah telah mengikuti Ujian Nasional (UN) dengan lancar yang terdiri atas 26.576 siswa (95,49 persen) mengikuti UNBK dan sebanyak 1.254 (4,51 persen) UN-KP.


"UN-BK ini sangat mendukung integritas siswa, mereka bisa menyelesaikan UN dengan kejujuran tinggi karena peserta tidak bisa mencontek terkait paket soal yang diberikan pada siswa berbeda dengan siswa lainnya," kata Rudiyanto, didampingi Khalis Binsar, Sekretaris Tim Pelaksana UN Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Dalam pelaksanaan UNBK, setiap kelas hanya diawasi oleh pengawas, seorang tenaga teknis, dan seorang proktor untuk tiap sekolah.

Sejarah UNBK di Indonesia

UNBK sendiri merupakan sebuah sistem ujian nasional yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Dalam bahasa Inggrism sistem ujian ini dikenal dengan Computer Based Test (CBT).

UNBK di Indonesia sudah dilaksanakan sejak 2014 lalu di dua sekolah yaitu SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dan SMP Indonesia Singapura.

Melihat keberhasilan pelaksanaan ujian tersebut, Kemdikbud pun menerapkan pelaksanaan UNBK di seluruh sekolah di Indonesia. UNBK pun mulai diterapkan oleh 556 sekolah di Indonesia pada 2015.

Jumlah ini meningkat di 2016 menjadi 4.382 sekolah, dan 2017 menjadi 30.557 sekolah.


Tujuan penerapan UNBK ini dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan utama program ujian nasional. Adanya sistem yang terintegrasi langsung dengan aplikasi-aplikasi pendidikan lainnya seperti DAPODIK, E-Raport dan lain sebagainya akan mempermudah sekolah untuk melaksanakan ujian nasional.

"Fungsi UNBK yang lain yaitu dapat meredam banyak kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional, sehingga akan mampu untuk menumbuhkan minat belajar dikalangan siswa. Hal ini karena siswa tidak lagi mengandalkan 'bocoran' kunci jawaban pada saat mengikuti ujian nasional, sehingga mereka akan berusaha untuk dapat lulus dalam ujian nasional yang dihadapi secara jujur," katanya.

Selain itu, UNBK juga bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Nantinya diharapkan nilai kelulusan bisa dijadikan patokan untuk jenjang pendidikan berikutnya, sehingga tak perlu lagi adanya tes penerimaan siswa atau mahasiswa baru agar dapat menghemat biaya karena semua mengacu pada nilai akhir kelulusan.

Hanya saja, pelaksanaan UNBK ini juga membutuhkan sumber daya lebih agar bisa melaksanakan kegiatan UNBK dengan lancar dan juga perangkat pendukung berupa komputer.

Sampai saat ini, berdasarkan laman resmi Kemdikbud soal UNBK, pelaksanaan UNBK 2018 SMA ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dilakukan pada pukul 07.30-09.30, sesi dua pada 10.30-12.30, dan sesi tiga pada 14.00-16.00.



(chs/chs)


ARTIKEL TERKAIT