Kawasan Wisata Gumuk Pasir Akan Ditata

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 11/04/2018 15:23 WIB
Kawasan Wisata Gumuk Pasir Akan Ditata Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melakukan kajian untuk rencana penataan kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, Parangtritis, agar keberadaannya tetap lestari.

"Penataan harus secara lengkap karena gumuk pasir berupa 'barchan' (gundukan yang terbentuk secara alami) yang harus dilestarikan," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, seperti yang dilansir dari Antara pada Rabu (11/4).

"Saya sedang berkomunikasi dengan beberapa pihak, seperti ahli dari UGM atau UPN. Kami meminta bantuan mereka terkait dengan pengelolaan kawasan wisata ini," kata Heru.


Selain itu, kata Heru, saat ini sudah banyak lapak-lapak bersantai bagi wisatawan di sekitar Gumuk Pasir. Ia berharap, nantinya penataan akan membuat kawasan wisata ini lebih enak dipandang.

"Selama tak merusak, silakan saja membuka usaha wisata. Yang penting kawasan ini tetap terjaga kelestariannya," ujar Heru.

Gumuk Pasir merupakan gundukan pasir yang berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi.

Endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan, antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo.

[Gambas:Instagram]

Setelah terendap di pinggir pantai, angin dari Samudera Hindia lalu membawa pasir tersebut ke kawasan ini.

Gumuk pasir ada di sepanjang pesisir yang membentang di dunia. Di Asia Tenggara, gumuk pasir juga ada di Filpina dan Vietnam.

Kepopuleran Gumuk Pasir Parangkusumo sudah terkenal se-Asia Tenggara.

Selain menjadi lokasi olahraga sandboarding, objek wisata alam ini juga menjadi lokasi syuting video musik banyak musisi dalam negeri, salah satunya ialah Agnes Monica.

[Gambas:Instagram] (ard)