Alasan Yogurt Sebaiknya Disantap Saat Perut Kosong

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 13/04/2018 07:51 WIB
Alasan Yogurt Sebaiknya Disantap Saat Perut Kosong ilustrasi yogurt (Jamie Hamel-Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Greek yogurt atau yogurt pada umumnya memiliki rasa asam yang tak terlalu kuat.

Pada dasarnya perbedaan greek yogurt dan yogurt sendiri terletak pada teksturnya. Rasa asam greek yogurt sedikit terasa tak terlalu asam dibanding yogurt biasa karena adanya proses penyaringan tambahan.

Proses penyaringan ini akan membuat greek yogurt memiliki tekstur yang lebih kental dibanding dibanding yogurt lain dan lebih mengenyangkan. Greek yogurt pun dianggap lebih sehat dan bermanfaat untuk melangsingkan tubuh.



Hanya saja tak dimungkiri kalau rasa asam greek yogurt dan yogurt lainnya masih cukup terasa.

Rasa asam ini menyebabkan banyak orang tak berani menyantapnya dalam keadaan perut kosong. Pasalnya, rasa asam ini dianggap akan membuat sakit perut.

Akhirnya, aneka yogurt pun disantap setelah makan.

"Seharusnya yogurt itu dimakan saat perut kosong atau belum makan," kata dokter gizi Samuel Oentoro saat peluncuran kampanye sehat #HeavenlyBlushGreekYogurt kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu di Jakarta.

"Karena bakteri baik atau probiotik di dalam yogurt ini harus sampai di usus besar dalam keadaan hidup agar efektif menjaga pencernaan dan kesehatan."


Jika yogurt disantap setelah makan, kata Samuel, bakteri baik atau probiotik ini akan mati. Bakteri ini akan mati karena terkena asam lambung yang keluar akibat proses pencernaan makanan.

"Ketika makan, asam lambung akan keluar secara otomatis," kata Samuel. 

"Jadi ketika yogurt masuk, asam lambung yang bersifat antiseptik akan mematikan bakteri baik dari yogurt."

Samuel menambahkan, sebenarnya dalam kondisi perut kosong, lambung juga akan menghasilkan asam lambung. Akan tetapi jumlahnya tak sebanyak saat makanan sudah masuk ke lambung.

Jumlah asam lambung yang tak terlalu banyak ini saat perut kosong ini diklaim masih aman untuk efektivitas dan aktivitas bakteri yogurt menjaga kesehatan pencernaan.

Namun anjuran untuk makan saat perut kosong ini ditujukan untuk mereka yang tak punya masalah dengan lambung. Bagi penderita gastritis kronis, maka konsumsi yogurt disarankan setelah makan.

Namun, makan yogurt setelah makan ini juga harus diberi jeda setidaknya satu jam.

"Sebenarnya bakteri probiotik itu punya keunggulan. Minum atau makan 'bangkai' (bakteri yang sudah mati) probiotik ini masih punya efek baik untuk tubuh," ucapnya saat peluncuran greek yogurt Heavenly Blush Greek Secret, beberapa waktu lalu.

"Tapi tentunya enggak sebagus kalau masih hidup bakterinya."

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Samuel sendiri menyarankan untuk mengonsumsi antara 1-2 cup yogurt setiap harinya, khususnya greek yogurt. 

Samuel mengungkapkan bahwa greek yogurt sendiri berbeda dengan jenis yogurt lainnya karena mengandung lebih banyak protein di dalamnya. 

"Dalam greek yogurt, kandungan proteinnya jauh lebih tinggi karena mengalami proses penyaringan lagi. Teksturnya yang lebih kental membuat yogurt ini bisa menjaga perut kenyang lebih lama. Jadi lebih efektif membantu diet juga."





(chs/chs)


BACA JUGA