3 Lokasi Melihat Paus di Perairan Indonesia

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 14:14 WIB
3 Lokasi Melihat Paus di Perairan Indonesia Ilustrasi. (REUTERS/Ina Fassbender)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya di Alaska atau Arktik, kegiatan wisata menyaksikan kawanan paus yang sedang berenang bebas di lautan juga bisa dilakukan di perairan Indonesia.

Walau baru diorganisir oleh agen perjalanan wisata, namun kegiatan wisata alam tersebut sudah mulai populer di kalangan wisatawan mancanegara yang akhirnya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Indonesia.

Pengamat kelautan dan perikanan dari Universitas Nusa Cendana Kupang, Dr Chaterina A Paulus MSi, berharap pemerintah memberi perhatian lebih kepada daerah-daerah yang memiliki potensi wisata unik tersebut.


"Di Nusa Tenggara Timur (NTT), bisa dikembangkan wisata menyaksikan kawanan paus yang berbasis konservasi. Salah satunya di Taman Nasional Perairan Laut Sawu," kata Chaterina di Kupang, NTT, seperti yang dikutip dari Antara pada Rabu (25/4).

Bagi yang berencana untuk melakukan penjelajahan ke perairan yang dihuni kawanan paus di Indonesia, berikut adalah sejumlah lokasi yang bisa didatangi:

Kabupaten Lembata

Kabupaten Lembata di Flores Timur sudah lama dikenal sebagai habitat kawanan paus yang mampir ke perairan Indonesia.

Sekitar 18 jenis paus pasti mampir ke sini setiap tahunnya, termasuk dua jenis yang populer yakni Paus Biru dan Paus Sperma.

Jika ingin berkunjung ke sana turis bisa datang sekitar bulan Mei sampai September.

Di saat yang sama, masyarakat lokal sedang mengadakan tradisi berburu paus dengan cara tradisional.

[Gambas:Instagram]

Taman Nasional Wakatobi

Taman nasional yang berada di Sulawesi Tenggara ini sudah lama dikenal sebagai surga menyelam selain di Raja Ampat, Papua Barat.

Perairan di taman nasional ini menghangat sekitar bulan November, oleh karena itu kawanan Paus Sperma dari belahan dunia yang sedang membeku berdatangan di masa tersebut.

Selain paus, turis yang datang juga bisa berenang bersama ikan pari.

[Gambas:Instagram]

Pantai Lovina

Bagi yang gemar ke Pulau Dewata, tak ada salahnya untuk menyempatkan diri datang ke kawasan perairan di Bali Utara, tepatnya di Pantai Lovina.

Kawasan ini menjadi habitat kawanan paus dan lumba-lumba yang datang sekitar bulan April hingga Oktober.

Paus memang jarang terlihat, namun loncatan lumba-lumba di tengah laut tetap bisa dinikmati.

Makhluk laut yang pintar itu biasanya muncul menggoda turis yang sedang dalam perahu menjelang matahari terbenam.

[Gambas:Instagram]

(ard)