Jadwal Buka Tempat Kongko di Jakarta Selama Ramadan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 15/05/2018 12:14 WIB
Jadwal Buka Tempat Kongko di Jakarta Selama Ramadan Ilustrasi. (Life-Of-Pix/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bulan Ramadan tahun ini tinggal menghitung hari. Sidang penetapan tanggal Ramadan (itsbat) yang akan berlangsung pada Selasa (15/5) bakal menentukan hari dimulainya ibadah puasa bagi umat Muslim di Indonesia.

Tempat hiburan malam di Jakarta turut menghormati datangnya bulan suci dengan tutup sementara di minggu pertama Ramadan.

Dari unggahan di akun Instagram, kelab malam Jenja Jakarta menginformasikan tutup sementara mulai tanggal 16-19 Mei 2018.


Melalui media sosial yang sama, kelab malam Dragonfly ikut mengabarkan tak beroperasi hingga libur Lebaran usai.

Jadwal yang kurang lebih sama juga diterapkan oleh kelab malam Colosseum, yang menangguhkan operasionalnya mulai tanggal 12 Mei sampai 26 Juni 2018.

Sementara itu restoran dan bar yang masih satu grup, Beer Garden dan Beer Hall, tutup sehari pada tanggal 17 Mei 2018 serta H-1 dan hingga H+2 Lebaran.

Selain tanggal-tanggal tersebut, kedua tempat kongko itu buka mulai pukul 11 siang sampai pukul 1 pagi setiap harinya.

Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat awal Ramadan 1439 H, di Auditorium HM. Rasjidi, Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Melalui sidang itsbat, Kemenag akan menetapkan waktu umat muslim Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan.

"Hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan 1439 H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1439 H," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Juraidi, dikutip dari situs resmi Kemenag.

Juraidi mengatakan sidang akan dibuka pada 16.00 WIB, yang diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439 H.

Lantas selepas salat Magrib akan diambil keputusan penetapan awal Ramadan, setelah ada laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan. Juraidi menyebut sidang akan berlangsung tertutup, sebagaimana itsbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu.

"Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," ujarnya.

Berbeda dengan pemerintah, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis (17/5) lusa.

Sedangkan untuk Idul Fitri, Muhammadiyah menetapkan jatuh pada 15 Juni.

(ard)