Museum se-Inggris Raya Bisa Dikunjungi Tengah Malam

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 15/05/2018 19:32 WIB
Museum se-Inggris Raya Bisa Dikunjungi Tengah Malam Suasana museum National Potrait Gallery di London, Inggris. (CNN Indonesia/Ardita Mustafa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berwisata ke luar negeri tak melulu harus mengeluarkan biaya mahal. Contohnya jika ke Inggris, turis bisa datang ke museum-museum yang sebagian besar tidak memungut biaya masuk.

Khusus pekan ini, tepatnya mulai dari 16-19 Mei 2018, acara Festival Museums at Night kembali digelar di Inggris.

Diselenggarakan oleh badan kesenian Culture24, banyak museum, galeri seni dan objek wisata bersejarah yang bakal membuka pintu hingga dini hari pada acara tahunan ini.


"Acara ini tepat berusia sepuluh tahun pada tahun ini. Kami melihat bahwa antusiasme pengunjung setiap tahunnya semakin meningkat, oleh karena itu kami memperbanyak jumlah museum, galeri seni dan objek wisata sejarah yang ikut serta," kata Nick Stockman, salah satu perwakilan Culture24, seperti yang dikutip dari Lonely Planet.

Pengunjung bisa mengikuti rangkaian acara Festival Museums at Night mulai pukul 5 sore.

Sejumlah museum, galeri seni, dan objek wisata bersejarah yang ikut berpartisipasi pada tahun ini ialah Museum of Zoology di Cambridge, Manchester Art Gallery di Manchester, Gallery of Modern Art di Glasgow, Regent's Park Open Air Theatre di London, The Library and Museum of Freemasonry di London, sampai National Gallery di London.

Selain bisa memandangi benda bersejarah yang dipajang, pengunjung juga bisa mengikuti acara diskusi, workshop sampai menikmati pertunjukan tari dan musik.

Khusus di beberapa acara dikenakan tiket masuk seharga 3 poundsterling (sekitar Rp57 ribu) per orang.

Festival Museums at Night digelar dua kali setiap tahunnya. Setelah bulan Mei, acara yang sama juga bakal dihelat pada 25-27 Oktober 2018.

Pemerintah Inggris sangat mendukung kegiatan ini, sehingga semakin banyak orang khususnya anak muda yang mengenal sejarah negaranya.

Mereka yang setiap hari sibuk dan tak sempat datang ke museum, galeri seni dan objek wisata bersejarah juga bisa merasakan suasana yang sama selama hari penyelenggaraan.

Informasi jadwal dan tiket masuk bisa diketahui melalui situs resmi Festival Museums at Night.

(ard)