5 Ide Gorengan Lezat untuk Camilan Menu Buka Puasa

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 17/05/2018 15:40 WIB
5 Ide Gorengan Lezat untuk Camilan Menu Buka Puasa ilustrasi gorengan (Brian Chan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendekati waktu berbuka puasa, penjaja takjil atau makanan buka puasa sudah menggelar dagangannya di pinggir jalan.

Aneka kolak, bubur manis, sampai gorengan pun dijajakan untuk berbuka. 

Gorengan adalah salah satu hidangan terfavorit untuk berbuka puasa. Aneka jenis gorengan seperti tempe, bakwan, pisang goreng, sampai tahu goreng yang renyah dianggap sempurna untuk 'menghilangkan' kerinduan akan makanan renyah dan gurih sepanjang hari. Rasa gurihnya juga dianggap mampu mengembalikan selera makan setelah berpuasa seharian.



Tapi daripada membeli aneka jenis gorengan yang belum terjamin kebersihannya, ada baiknya untuk membuat sendiri aneka gorengan sebagai menu buka puasa.

Selain dijamin kebersihan dan bahan bakunya, membuat gorengan sendiri untuk buka puasa, takjil gorengan Anda bisa lebih bervariasi dan lezat.

Berikut beberapa ide untuk membuat takjil gorengan sebagai menu berbuka puasa.


1. Sosis Solo

Sosis Solo adalah makanan khas dari Solo yang terbuat dari campuran daging ayam giling dan dibungkus dengan kulit dadar.

Sebelum digoreng, adonan berbungkus kulit dadar ini digulung menyerupai sosis dan dicelup dalam kocokan telur kemudian digoreng sampai kering.

Rasa yang gurih, lembut, empuk, dan penuh gizi pasti bisa menjadi pengisi perut saat berbuka.

Sontek resepnya di sini

2. Keju goreng
Ingin camilan gorengan yang lebih sederhana untuk berbuka puasa? Kalau begitu keju goreng bisa jadi pilihan Anda. Jangan lupa ajak anak Anda untuk mempersiapkan gorengan ini sebagai menu berbuka puasa.

Selain lebih praktis membuatnya, keju goreng juga hanya butuh bahan baku yang tak terlalu banyak.

Sedikit tips, sebaiknya goreng keju ini mendekati waktu berbuka. Tujuannya agar keju di bagian tengahnya tetap meleleh dan bagian luarnya tetap renyah sehingga lebih enak saat disantap.

Berikut ini resep yang bisa ditiru

ilustrasi gorenganFoto: ashishacoway/Pixabay
ilustrasi gorengan

3. Jamur goreng tepung
Tak cuma jadi lauk teman makan nasi, jamur goreng tepung juga enak dijadikan kudapan goreng untuk berbuka puasa.

Sebenarnya ada banyak jenis jamur yang bisa digunakan untuk membuat menu berbuka puasa ini. Untuk tekstur yang lebih renyah, gunakan jamur enoki. Sedangkan untuk pilihan yang lebih mengenyangkan, sebaiknya gunakan jamur kancing atau shitake.

Ini resepnya untuk Anda.

4. Donat kentang
Siapa bilang makanan gorengan harus selalu asin?

Gorengan untuk menu berbuka puasa juga bisa punya cita rasa yang manis, misalnya dengan donat kentang yang empuk dan kenyal.

Setelah membuat donat kentang polos, Anda bisa memberi topping sesuai selera. Misalnya dengan icing sugar, krim, meises, atau bahkan abon. Berkreasilah sesuai selera Anda dan keluarga.

Lihat resep donat kentang di sini.

5. Bitterballen Makaroni
Bitterballen adalah gorengan yang berbentuk bulat menyerupai kroket. Namun, bahan pembuatnya pun bisa bermacam-macam, salah satunya adalah makaroni.

Cita rasa bitterballen yang gurih makin terasa enak dan creamy dengan tambahan keju cheddar parut di dalamnya. Sedangkan di dalamnya tambahan daging asap juga akan memperkaya rasanya.

Sontek resep bitterballen makaroni di sini: (chs/chs)