Banyak Pungli, Sistem Tiket Objek Wisata Cianjur Dibenahi

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 22/05/2018 20:54 WIB
Banyak Pungli, Sistem Tiket Objek Wisata Cianjur Dibenahi Situs megalitik Gunung Padang, salah satu objek wisata andalan Kabupaten Cianjur. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama bulan Ramadan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Cianjur Provinsi Jawa Barat melakukan pembenahan di beberapa objek wisata. Kepala Disparpora Cianjur Asep Suparman mengatakan kalau pembenahan dilakukan demi menyambut turis yang datang pada Hari Raya Lebaran mendatang.

Objek wisata yang mendapat penataan antara lain Jangari, Situs Gunung Padang, hingga Kebun Raya Cibodas

"Ketika Idul Fitri tingkat kunjungan turis akan melonjak beberapa kali lipat. Untuk menghadapi itu, perlu dilakukan penataan yang maksimal agar turis merasa nyaman saat datang," katanya.


Salah satu pembenahan yang dilakukan ialah penyesuaian sistem penjualan tiket satu pintu. 

Selama ini masih banyak objek wisata yang tak memberlakukan sistem demikian, sehingga banyak turis yang merasa terkena pungli.

"Kebun Raya Cibodas akan diberlakukan sistem penjualan tiket satu pintu. Harapan kami saat libur panjang Idul Fitri tak ada lagi keluhan turis," ujarnya.

Sementara itu, ia melanjutkan, terkait minimnya sarana dan prasarana penunjang di sejumlah tempat wisata milik pemerintah daerah, pihaknya berjanji akan segera ditambah dan diperbaiki guna meningkatkan angka kunjungan.

Diprediksi puncak arus mudik Lebaran 2018 terjadi pada Sabtu (9/6) malam, dengan titik kemacetan Pantura di sekitar Pemalang.

Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Rabu (20/6) dan Minggu (24/6).

Dua kali puncak arus balik terjadi karena ada akhir cuti bersama, pada Rabu (20/6), dan akhir musim liburan sekolah, pada Minggu (24/6).

"Libur (lebaran) sampai tanggal 20 Juni. Nah, tanggal 20 Juni hari Rabu ya, dan masih ada libur anak sekolah sampe hari Minggu (24/6). Jadi 24 Juni, arus balik kedua," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa.

Libur Lebaran untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditetapkan 10 hari, mulai dari 11-20 Juni 2018.

Namun, pemerintah memberikan keleluasaan bagi perusahaan swasta untuk menetapkan cuti bersama atau libur Lebaran bagi pegawainya.

(agr)