5 Aktivitas 'Ngabuburit' Berpahala di Bulan Puasa

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 23/05/2018 15:50 WIB
5 Aktivitas 'Ngabuburit' Berpahala di Bulan Puasa Menghabiskan waktu jelang berbuka atau 'ngabuburit' dapat diisi dengan sejumlah aktivitas yang positif dan berpahala. Apa saja? (Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bulan puasa Ramadan selalu lekat dengan 'ngabuburit'. Istilah ini sebenarnya berasal dari bahasa Sunda 'burit' yang berarti sore, senja atau jelang Maghrib. Sedangkan 'ngabuburit' bisa diartikan kegiatan menunggu waktu buka puasa.

Ngabuburit sebaiknya diisi dengan hal-hal bermanfaat. Namun bermanfaat saja tidak cukup. Ngabuburit lebih mantap jika diisi dengan kegiatan berpahala. Apa saja?

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut lima rekomendasi kegiatan ngabuburit berpahala yang bisa dilakukan selama bulan puasa:



1. Baca Al Quran 

"Paling afdol (ngabuburit) itu baca Al Quran," ujar Syifa Fauzia, ketua umum Badan Kontak Majelis Taklim (BMKT) saat ditemui di Jakarta Pusat akhir pekan lalu.

Bulan puasa memungkinkan orang untuk pulang kerja lebih cepat atau memiliki waktu lebih banyak untuk ibadah. Mengisi waktu jelang berbuka bisa dengan membaca satu juz Al Quran.

Kegiatan lain yang bisa dipilih yakni mengaji. Tak hanya membaca Al Quran, mengaji memungkinkan orang untuk belajar ilmu fiqih dan aqidah.

2. Mendengarkan ceramah ustaz

Mereka yang di rumah kegiatan ngabuburit biasa diisi dengan persiapan menu buka puasa. Menurut Syifa, sembari persiapan atau memasak, orang dapat mendengarkan ceramah ustaz atau ustazah favorit lewat ponsel.

"Enggak perlu kita datang ke sana mungkin jauh masjidnya, mungkin macet atau hal lain yang jadi penghalang kita tapi dengan adanya ceramah ustaz di Youtube ini memudahkan,' tuturnya.

Kegiatan mendengarkan ceramah ini juga bisa dilakukan bersamaan dengan kegaitan lain, semisal saat dalam perjalanan pulang dari tempat kerja.


3. Kajian rutin

Bulan ramadan juga bisa dijadikan kesempatan untuk memperdalam ilmu agama Islam. Kegiatan kajian ruti bisa dijadilan pilihan saat ngabuburit. Kajian rutin dapat dilakukan bersama pemuka agama atau ustaz.

4. Bagi takjil gratis

Kegiatan amal tak selalu identik dengan memberikan uang. Ngabuburit bisa diisi dengan membuat makanan ringan sebagai takjil atau makanan pembuka sebelum beranjak ke menu utama. Takjil ini kemudian dapat dibagikan pada orang-orang yang kurang beruntung. Bagi-bagi takjil gratis juga bisa dilakukan di panti asuhan atau panti wreda. Bulan ramadan jadi waktu yang pas untuk memperbanyak amal.

5. Tidur

Ada yang berkata tidur merupakan salah satu bentuk ibadah saat berpuasa. Namun orang kerap tidur untuk menghindari kegiatan lain. Padahal tidur saat berpuasa dilakukan demi mengembalikan tenaga setelah melakukan kegiatan ibadah lain. Tidur sebaiknya tidak terlalu lama, apalagi hingga meninggalkan ibadah. (rah/rah)