ARTIKEL SPONSOR

5 Tips Sederhana Agar Mudik Aman dan Bebas Repot

adv, CNN Indonesia | Senin, 28/05/2018 00:00 WIB
Meski selalu menjadi agenda rutin tahunan, mudik selalu melekat dengan kesan
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski selalu menjadi agenda rutin tahunan, mudik selalu melekat dengan kesan "ribet". Padahal, segala persiapan serta pelaksanaan bisa berjalan dengan aman dan bebas repot jika dilakukan dengan rencana yang matang. Mulai dari tanggal keberangkatan, pilihan tujuan, hingga barang bawaan adalah beberapa hal utama yang perlu disiapkan.

Agar tidak kesulitan mengurus berbagai hal, mulailah persiapan mudik sedini mungkin. Dengan begitu, tujuan silaturahmi ke kampung halaman bisa terlaksana dengan aman dan menyenangkan. Untuk memudahkan Anda, mari simak beberapa tips sederhana pelaksanaan mudik berikut ini:

Perhitungkan bujet


Perjalanan mudik tentunya akan mengeluarkan bujet yang tidak sedikit. Karena itu, Anda perlu memperhitungkan bujet sebaik mungkin. Mulailah dengan membuat perhitungan hal-hal apa saja yang memerlukan pengeluaran. Setelah itu, akumulasi perkiraan bujet bisa Anda sesuaikan dengan tabungan yang dimiliki. Besaran bujet inilah yang akan menentukan akomodasi serta apa saja yang akan digunakan selama perjalanan mudik.

Jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa mulai mencari harga tiket pesawat, kereta api, hingga bus yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan Traveloka untuk melihat jadwal lengkap berbagai moda transportasi. Tak hanya itu, jika beruntung Anda juga bisa mendapat promo-promo menarik yang akan meminimalisasi pengeluaran bujet transportasi. Nah, bisa menjadi biaya tambahan hal lainnya bukan?

Tentukan durasi mudik

Setelah mengetahui bujet yang ditetapkan, Anda bisa menentukan berapa lama durasi mudik nanti. Ada berapa faktor yang harus diperhitungkan, salah satunya jatah cuti bagi para pekerja. Anda perlu lebih dulu menghitung berapa jatah cuti yang tersisa dan berapa jatah libur yang diberikan oleh Pemerintah.

Hal berikutnya yang akan memengaruhi durasi mudik adalah ketersediaan tiket transportasi dengan harga terjangkau. Saat ini, Anda bisa dengan mudah mengetahui penawaran harga tiket pesawat terbaik melalui fitur Best Price Finder, Traveloka. Jika sudah mendapatkan opsi terbaiknya, durasi mudik bisa Anda jadikan patokan dalam mengatur jadwal silaturahmi maupun berwisata di kampung halaman.

Beli tiket sedini mungkin

Jika perencanaan bujet dan durasi telah rampung, sekarang saatnya memesan dan membeli tiket. Sebaiknya Anda melakukan pembelian tiket sedini mungkin. Selain mencegah kehabisan tiket, Anda pun memiliki kesempatan untuk mendapat harga tiket transportasi umum lebih murah.

Untuk mengetahui jadwal ketersediaan tiket dan jadwal keberangkatan transportasi umum ini, Anda juga bisa menggunakan Traveloka. Melalui Traveloka, Anda bisa mengetahui jadwal keberangkatan sampai 90 hari ke depan. Selain itu, hasil pencarian tiket pesawat terbang, kereta api, dan busnya amat lengkap dengan beragam pilihan.

Persiapkan dokumen penting

Tips satu ini memang tampak sepele, tapi sebenarnya sangat penting dan jangan sampai terlupakan. Jika Anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, tentunya jangan sampai lupa membawa SIM sesuai dengan kendaraan yang dibawa.

Selain itu, KTP juga menjadi identitas pribadi yang wajib dibawa ke mana pun dan dengan transportasi apa pun. Saat menggunakan transportasi umum, KTP dibutuhkan untuk melakukan check in saat ingin masuk ke pesawat terbang atau kereta api. Selain itu, KTP juga dapat menjadi dokumen pengenal saat terjadi kondisi tak terduga saat perjalanan mudik.

Tinggalkan rumah dalam keadaan aman

Selain mempersiapkan kondisi diri, Anda juga harus mempersiapkan rumah dalam keadaan aman selama mudik. Periksa seluruh pintu dan jendela rumah dalam kondisi yang baik dan tidak mudah dibobol maling. Jika perlu, tambahkan pengaman gembok pada setiap akses masuk rumah. Anda juga bisa minta tolong satpam komplek untuk terus mengawasi rumah Anda selama mudik.

Selain faktor keamanan, ada baiknya kamu juga membayar seluruh tagihan rumah seperti listrik, PAM, telepon, dan yang lainnya. Jika lupa membayar tagihan listrik, Anda bisa menggunakan bantuan Traveloka untuk melakukan pembayaran tagihan listrik ini.

Dengan melakukan 5 tips mudik di atas, perjalanan Anda pun dapat berjalan dengan aman dan bebas dari kerepotan yang tak dibutuhkan. Selamat melakukan perjalanan mudik, semoga selamat sampai di tujuan ya! (adv/adv)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK