Pendakian Gunung Halimun Salak Tetap Buka saat Lebaran

ANTARA, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 09:39 WIB
Pendakian Gunung Halimun Salak Tetap Buka saat Lebaran Sejumlah petani menggarap lahan pertanian palawija dengan latar belakang Gunung Salak di Desa Ciherang, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) tetap membuka aktivitas pendakian untuk umum selama libur Lebaran 2018 atau Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Balai TNGHS Awen Supanata seperti yang dikutip dari Antara pada Selasa (12/6).


Lanjut dikatakan Awen jadwal jaga petugas keamaan setiap pos juga akan digilir demi memenuhi keamanan setiap pendaki yang datang.


Pendaki yang sudah mendaftar untuk mendaki Gunung Halimun Salak bisa masuk melalui pintu pendakian Gunung Salak di Resort Kawahratu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi atau pintu Resort Pasirreungit, Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Sementara itu untuk pendaki yang belum mendaftar bisa melaporkan diri terlebih dahulu ke pos penjaga yang berada di jalur masuk pendakian.


Namun setiap harinya kuota pendaki yang baru mendaftar hanya dibatasi sebanyak 200 orang per hari.

"Pendaki yang ingin naik ke Gunung Salak maupun Halimun harus tetap mematuhi peraturan yang ditetapkan. Mereka juga harus datang dengan kondisi fisik fit serta perlengkapan yang memadai," imbau Awen.

Awen juga berpesan kepada pendaki agar selalu menjaga kebersihan, baik di jalur pendakian hingga puncak.

Mereka disarankan membantu petugas kebersihan dengan membawa turun sampah yang ditemukan di sepanjang perjalanan, sehingga kelestarian alam tetap terjaga.

(ard)