Agar Rumah Bebas Ancaman Pencuri dan Kebakaran Saat Mudik

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 09:36 WIB
Agar Rumah Bebas Ancaman Pencuri dan Kebakaran Saat Mudik Rumah kosong tanpa penghuni bisa 'terancam' banyak masalah, berikut beberapa tips jaga rumah agar terhindar dari bahaya kebakaran dan pencurian.(HobokenHome7/Pixabay)
Bandung, CNN Indonesia -- Mudik adalah aktivitas rutin umat muslim di Indonesia menjelang Lebaran.

Mudik pun menyebabkan Jakarta menjadi lengang mendadak karena ditinggalkan warganya ke kampung halaman. Rumah-rumah pun kosong ditinggalkan penghuninya.

Tak dimungkiri kalau rumah kosong tanpa penghuni bisa 'terancam' banyak masalah. Tak cuma terancam pencurian tapi juga ancaman kebakaran. Agar terhindar dari bahaya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.



Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdi Ligaswara mengungkapkan bahwa sekalipun rumah kosong, bahaya kebakaran bisa mengintai.

Dia mengungkapkan bahwa hal utama yang harus diperhatikan saat meninggalkan rumah adalah memastikan seluruh peralatan elektronik dalam keadaan mati.

"Pastikan alat elektronik sudah dimatikan. Jangan lupa periksa kompor gas. Pastikan tidak menyala saat pergi," kata Ferdi.

Tips berikutnya, lanjut Ferdi, gunakan lampu otomatis untuk teras atau taman rumah. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian kepada pencuri agar rumah rumah tidak terlihat kosong.

"Jangan lupa kunci jendela, pintu rumah dan gerbang rumah," imbaunya.


Jangan lupa titipkan nomor telepon kepada RT atau petugas keamanan agar mudah dihubungi jika terjadi sesuatu.

"Bila punya hewan peliharaan, titipkan pada jasa penitipan hewan," jelas Ferdi. (hyg/chs)