7 Cara Ampuh 'Bunuh' Rasa Bosan di Perjalanan Mudik Lebaran

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Rabu, 20/06/2018 10:00 WIB
7 Cara Ampuh 'Bunuh' Rasa Bosan di Perjalanan Mudik Lebaran Arus balik mudik akan diwarnai dengan kemacetan panjang dan rekayasa lalu lintas. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Libur panjang akan segera berakhir. Artinya, orang harus mulai berkemas dan bersiap melakukan perjalanan kembali ke kota. Bagi mereka yang mengambil jalur darat, kemungkinan harus bersiap dengan jam-jam panjang yang akan habis di jalan akibat macet arus balik dan rekayasa lalu lintas yang bakal dilakukan kepolisian.

Bosan? Ini wajar saja terjadi. Namun tak perlu khawatir, sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan selama perjalanan.

1. Mendengarkan musik


Siapkan daftar lagu favorit di ponsel atau gawai pemutar musik. Mendengarkan lagu-lagu favorit bisa jadi pilihan ampuh untuk mengusir rasa bosan.

Kini tersedia aplikasi yang menyediakan fasilitas tampilan lirik lagu, sehingga orang dapat bernyanyi bersama alias sing along bersama penyanyi pujaan.

2. Baca buku

Momen liburan kerap dijadikan ajang menuntaskan 'utang' termasuk membaca buku atau novel yang sudah terbeli. Hanya saja mereka kerap menganggur karena Lebaran jadi waktu berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga.

Oleh karena itu, perjalanan panjang dari kampung halaman dapat diisi dengan membaca buku, novel atau mungkin majalah yang dibeli di tempat istirahat atau rest area.

3. Menonton drama serial Korea atau anime favorit

Penggemar drama Korea atau anime dapat memanfaatkan waktu dengan menonton serial kesayangan lewat gawai. Jika biasanya begadang demi serial-serial ini, kini orang bisa memanfaatkan waktu untuk menonton di tengah kemacetan.

4. Main game

Jika tidak suka menonton drama serial atau anime, maka main game di gawai atau bahkan laptop bisa 'membunuh' rasa bosan. Aplikasi game kini banyak tersedia dengan aneka jenis permainan.

5. Isi Teka-Teki Silang

Bermain tapi sembari mengasah otak? Teka teki silang alias TTS bisa jadi pilhan menarik. Permainan ini sekilas memang hanya dikerjakan satu orang, tapi sebenarnya orang dapat mengajak seluruh penghuni mobil untuk bermain bersama.

Caranya? Jika menemui kesulitan pada satu pertanyaan, orang dapat menanyakan pada orang yang duduk di sebelah atau anggota keluarga lain yang berada dalam satu kendaraan. Menguras konsentrasi tapi asyik.

6. Karaoke

Teringat nama James Corden, pikiran kerap tertuju pada program yang ia bawakan, Carpool Karaoke. Orang pun juga bisa berkaraoke ria selama di mobil. Cukup pilih lagu yang cukup familiar dan putar dengan pemutar musik mobil. Bernyanyi bersama dirasa cukup ampuh mengusir rasa bosan penumpang dan rasa kantuk pengemudi.

7. Tidur

Tidur kerap jadi satu-satunya hal yang menyenangkan saat perjalanan, apalagi jika perjalanan dilakukan saat malam hari. Siapkan bantal leher atau bantal yang nyaman jika memungkinkan.

Hindari makan berat sebelum perjalanan agar tidak terasa mual. Lakukan gerakan kecil atau tempelkan koyo pada titik-titik tertentu tubuh untuk menghindari rasa kaku saat turun dari kendaraan. (DAL/DAL)