Unduh Aplikasi, Syarat Nikmati Sepeda Gratis di Monas

ANTARA, CNN Indonesia | Sabtu, 28/07/2018 15:29 WIB
Unduh Aplikasi, Syarat Nikmati Sepeda Gratis di Monas Pihak Gowes menyediakan 100 sepeda yang bisa digunakan secara gratis oleh pengunjung untuk berkeliling kawasan Monas. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pengunjung Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, terlihat bersemangat mencoba layanan penyewaan sepeda berbasis aplikasi di kawasan tersebut pada Sabtu (28/7).

Untuk bisa menikmati layanan sepeda gratis, pengunjung harus mengunduh aplikasi 'Gowes' melalui PlayStore atau AppStore di ponsel pintar.

Setelah berhasil diunduh, pengunjung diharuskan melakukan registrasi akun dengan melengkapi data diri termasuk nomor ponsel.


Di aplikasi tersebut, pengunjung dapat menemukan lokasi sepeda Gowes di area Monas dan melakukan pindai QR Code untuk membuka kunci sepeda.

Setelah berhasil, sepeda bisa digunakan di dalam area Monas tanpa ada batas waktu dan biaya.

Setelah mengendarai sepeda, pengunjung mengembalikan sepeda ke area parkir yang tersedia dan kunci secara manual.

"Ini layanan bagus dan nyaman karena gratis. Tidak usah rebutan juga karena masing-masing bisa 'scan' (pindai) sepeda yang dimau," kata salah satu pengunjung, Donny (24), di dekat parkir sepeda di Pintu Barat Monas.

Sepeda yang disediakan pun memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari berjok rendah yang cocok dikendarai anak-anak hingga jok agak tinggi yang sesuai untuk orang dewasa.

Layanan sepeda gratis itu, yang didominasi warna ungu dan kuning, dapat ditemui di tujuh titik di kawasan Monas.

Sepeda juga dilengkapi GPS sehingga bisa dilacak keberadaannya demi keamanan.

Meski tampak mudah digunakan, masih banyak pengunjung yang kesulitan untuk bisa menggunakan layanan 'bike sharing' itu.

"Dari tadi saya coba tapi susah untuk membuka kunci sepedanya. Mungkin sinyal saya sedang jelek atau bagaimana, nanti saya coba lagi," kata salah satu pengunjung, Irwan (31).

Pengunjung lain, Anti (19), juga mengalami kesulitan membuka kunci sepeda. Namun, setelah dibantu beberapa pengguna lain, ia bisa menggunakan layanan tersebut.

"Tadi agak susah tapi setelah dibantu sudah bisa membuka kunci. Lumayan, jadi bisa keliling Monas dengan sepeda gratis," ujarnya.

(ard)