Kebangkitan Pariwisata Lombok dengan BPLS

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 16:58 WIB
Kebangkitan Pariwisata Lombok dengan BPLS Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menunjukkan pariwisata provinsi itu tetap kokoh usai didera gempa melalui Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS). (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menunjukkan pariwisata provinsi itu tetap kokoh usai didera gempa melalui Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS).

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menuturkan NTB banyak memberi inspirasi terutama semangatnya untuk bangkit dari keterpurukan.

"Spirit yang dimiliki NTB ini sungguh luar biasa. Mereka langsung bangkit setelah memastikan kondisi para wisatawan aman. Masyarakat NTB tidak ingin terus berlarut terlalu lama dengan kondisi terpuruk seperti ini," tuturnya, Rabu (8/8).


Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal menyampaikan hal yang sama.


"Kami tidak bisa berlarut dalam kesedihan. NTB akan menggulirkan program BPLS. Event BPLS tetap digelar sesuai schedule. Inilah momentum bangkit dari keterpurukan yang sebenarnya," ungkap Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Mohammad Faozal.

BPLS 2018 akan digulirkan pada 18 Agustus-3 September 2018. Memasuki tahun ke lima, BPLS 2018 akan diisi oleh 14 rangkaian kegiatan besar.

Acara itu di antaranya adalah Mataram Night Run, Festival Kota Tua Ampenan, juga Lombok Begending. Selain itu, ada pula Gili Tramena Begawe, Festival Senggigi, Festival Pesona Moyo, hingga Sail Indonesia Moyo Tambora.

"Event ini juga menunjukan kondisi Lombok yang kondusif. Lombok ini kembali nyaman sebagai destinasi pariwisata," katanya.

Pemerintah daerah menyatakan pihaknya optimistis pariwisata di NTB akan pulih usai gempa melalui BPLS nanti. NTB sendiri menargetkan 4 juta wisatawan bakal mengunjungi provinsi tersebut. (asa)