P3K Saat Kram Otot Seperti yang Dialami Anthony Ginting

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 23/08/2018 18:00 WIB
P3K Saat Kram Otot Seperti yang Dialami Anthony Ginting ilustrasi (Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anthony Sinisuka Ginting terpaksa menyerah saat menghadapi pemain bulutangkis China di Asian Games 2018.

Di tengah pertandingan, Anthony ternyata mengalami cedera di kakinya.

"Kalau dilihat itu kram otot," kata fisioterapis olahraga Matias Ibo kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/8).



Sebenarnya, kram otot ini bisa melanda siapa saja termasuk yang bukan atlet.

Kram otot sendiri adalah kontraksi tanpa sadar (tak bisa dikontrol otak) yang kuat dan menyakitkan yang terjadi di area betis. Kram juga terjadi karena pengencangan otot yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab paling sering dari kram otot sendiri adalah overuse otot saat olahraga atau beraktivitas sampai dehidrasi.

Ketika kram otot melanda, betis pun terasa nyeri dan menyakitkan. Namun ketika kram mulai terasa, ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan, dikutip dari berbagai sumber.

1. Kompres dengan es
Bungkus beberapa buah es batu dalam handuk. Letakkan kompres tersebut di atas bagian yang kram dan diamkan 15 menit. Ulangi tiap dua jam selama 1-2 hari.

2. Minyak cengkeh
Oleskan minyak cengkeh di area yang kram kemudian pijat perlahan (sebaiknya pijat dilakukan oleh profesional) selama lima menit.


3. Peregangan
Lakukan peregangan pada area yang kram selama 15-30 detik. Kemudian pijat perlahan area kram otot untuk menjaganya tetap rileks.

4. Minum cuka apel
Campurkan 1 sdt cuka apel ke dalam segelas air hangat, kemudian minum campuran ini sekali sehari untuk mencegah kram otot.

5. Kompres air hangat
Jika tak bisa menemukan es batu, kompres air hangat juga bisa membantu menenangan kram otot. Gunakan handuk hangat atau pad penghangat yang banyak terdapat di toko obat.

(chs)