Rekomendasi Kuliner

Rekomendasi Kopi Susu 'Lawas' Penuh Nostalgia

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Sabtu, 25/08/2018 17:15 WIB
Rekomendasi Kopi Susu 'Lawas' Penuh Nostalgia Kopi susu Asiang (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Praktis dan tren terkini. Dua kata tersebut memang menggambarkan kopi susu kekinian yang populer lewat layanan pesan antar ojek daring.

Meski demikian, cita rasa kopi susu jadoel atau kopi hitam dengan krim kental manis yang diaduk jadi satu dengan gaya konvensional ini tetap masih punya penggemar tersendiri.

Bukan cuma soal rasa, tapi ini juga soal nostalgia masa lampau.



Tampilan dan rasa jelas beda dengan yang sekarang beredar. Meski demikian, jika ingin mencicipi, maka berikut rekomendasi kedai kopi di mana Anda bisa menemukan kopi susu gaya 'lawas'. 

1. Kopi Es 'Tak Kie'

Berada di gang sempit bernama Gang Gloria, Glodok, Jakarta Barat, kedai Kopi Es 'Tak Kie' hanya menawarkan dua jenis minuman kopi yakni es kopi dan es kopi susu. Kopi susunya memiliki racikan sederhana yakni, kopi dan, kental manis. 

Kedai yang buka sejak 1927 ini menggunakan perpaduan lima jenis kopi Lampung. Sang pemilik pun enggan memberitahu takaran atau macam kopi yang digunakan. Resep rahasia dan dipertahankan hingga kini. 

Untuk es kopi, sejatinya ini merupakan minuman kopi versi dingin dengan tambahan gula. Hanya saja konsumen perlu mengaduk lebih lama agar gula tercampur merata sehingga diperoleh rasa manis. 

2. Kopi Johny

Kopi Johny sempat mencuri perhatian publik berkat pengacara 'nyentrik' Hotman Paris. Ia sering memberikan konsultasi hukum gratis di sana. Namun sebelumnya, kedai yang berdiri sejak 2009 ini sudah terkenal di kalangan pecinta kopi daerah Jakarta Utara, khususnya Kelapa Gading. 

Foto: CNN Indonesia/Joy Natasha

Kopi susu jadi salah satu pilihan minuman kopi selain kopi hitam. Jika tak suka kopi hitam yang dominan pahit, maka kopi susu bisa jadi pilihan. Kopi Toraja dipadu dengan kental manis sehingga rasa pahit kopi hanya sedikit mampir di lidah. 

Untuk kudapannya, kedai memiliki kudapan andalan yakni bakpao. Resep bakpao pun merupakan warisan orang tua sang pemilik kedai yang berasal dari Hainan, China. Isinya beragam seperti, daging ayam, tausa (pasta kacang hitam), kacang, cokelat dan babi kecap. 

3. Kopi Asiang

Beranjak ke Borneo, orang wajib mencicipi kopi di Warung Kopi Asiang. Warung kopi yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat ini seolah bisa jadi pembuka hari. Bagaimana tidak? Orang Pontianak terbiasa berbondong-bondong ke kedai untuk menikmati kopi saat pagi. 

Asiang, sang pemilik telah 30 tahun meracik kopi. Gayanya meracik kopi tak pernah berubah dan jadi ciri khasnya. Ia tak pernah mengenakan baju saat meracik kopi. 

Cara pengolahan kopinya pun terbilang tradisional. Kopi yang sudah digiling kemudian direbus dalam teko alumunium. Kala pesanan datang, dengan cekatan ia menyiapkan cangkir, mengambil saringan dan menuang kopi. Kopi susu di sini hanya campuran kopi dan kental manis sehingga rasa pahit kopi masih terasa. 


4. Kopi Oey

Kopi Oey merupakan salah satu warisan mendiang pakar kuliner Indonesia, Bondan Winarno. Kopi Oey memiliki 'napas' tempo dulu yang begitu kental baik dari detail restoran maupun sajiannya, tak terkecuali minuman kopi susunya. 

Menu andalan Koffie Soesoe Indotjina cukup menarik perhatian karena namanya yang unik. Kopi rupanya tersaji dengan coffee drip yang masih menetes. Campuran susu yang berada di dasar gelas pun siap diaduk saat kopi sudah dirasa cukup. 

Rasa pahit langsung menyapa lidah dengan tajam, kemudian disusul rasa manis susu. Paduan rasa unik ini tak diakhiri dengan rasa amis pada mulut melainkan rasa pahit saja. Untuk menikmatinya, orang perlu kudapan sebagai pendamping salah satunya Singkong Sambel Roa. Rasanya gurih dan pedas karena sambal. 

5. Warung Kopi Purnama

Jika mampir ke Bandung, orang layak untuk mengunjungi salah satu tempat tongkrongan yang eksis dari puluhan tahun silam. Warung Kopi Purnama terletak di kawasan Braga dan sudah menjadi salah satu icon heritage Bandung. 

Warung ini menyediakan beberapa jenis minuman kopi, salah satunya kopi susu. Sebagai kudapan, pengunjung tak boleh melewatkan roti baik dengan rasa asin atau manis.


Cara penyajiannya pun menyesuaikan selera, roti dapat dibakar atau dikukus. Salah satu roti favorit adalah roti dengan selai srikaya. 

6. Warung Kopi Phoenam

Terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, Warung Kopi Phoenam sudah berdiri sejak 1946. Nuansa zaman dulu begitu terasa di sini begitu pula dengan ornamen khas Tionghoa. tak mengherankan sebab warung ini memang didirikan oleh Liong Thay Hiong. 

Menu favorit sekaligus legenda di warung ini adalah kopi susu yang disajikan dengan buih di permukaannya. Ciri khas ini melekat pada kopi tarik. Jika ingin menyicip kopi susunya, warung membuka cabang di kawasan Jakarta Pusat, tepatnya di jalan Wahid Hasyim. Sebagian orang mengenal warung kopi ini berkat kopi Torajanya. 

7. Harum Sari

Selain Jakarta, gelaran Asian Games 2018 mengambil Palembang sebagai kota penyelenggara. Tentu kesempatan ini tak boleh dilewatkan oleh pecinta kuliner untuk menikmati sajian khas Palembang. 

Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Pempek memang seolah jadi sajian wajib tetapi orang juga tak boleh melewatkan kedai Harum Sari. Di kalangan masyarakat Palembang, kedai dikenal dengan nama 'Bo Eng'. 

Kopi susu wajib dicoba saat berkunjung ke sini. Kedai mengandalkan kopi Semendo dari Sumatera Selatan. Untuk makanannya, kedai menyediakan telur setengah matanng, lontong, laksa dan bubur ayam khas Palembang. (chs)