Kemenpar Berjanji Manjakan Atlet Difabel di Asian Para Games

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 07/09/2018 19:52 WIB
Menjelang Asian Para Games 2018, Kemenpar berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan fasilitas dan layanan khusus bagi atlet difabel. Atlet balap kursi roda putri National Paralympic Committee (NPC) berlomba pada nomor 200 meter dalam Kejurnas NPC Indonesia 2015 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai Asian Games 2018 Indonesia masih akan menjadi tuan rumah ajang pertandingan olahraga atlet dengan disabilitas se-Asean, yakni Asian Para Games 2018.

Asian Para Games 2018 akan digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 8-16 Oktober 2018.


Menjelang ajang internasional tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tak lupa untuk menyiapkan segala fasilitas dan layanan wisata.


Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, Vinsensius Jemadu, mengatakan kalau persiapan untuk Asian Para Games tentu saja lebih spesial, karena pihaknya ingin atlet dengan disabilitas bisa turut menikmati Jakarta.

"Kami ingin lebih banyak objek wisata ramah disabilitas menjelang Asian Para Games 2018. Kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan fasilitas dan layanan terkait hal tersebut," kata Vinsenisus, seperti yang dikutip dari keterangan resmi Kemenpar pada Jumat (7/9).


Vinsensius lanjut mengatakan kalau persiapan khusus ini juga merupakan amanah Presiden Joko Widodo yang ingin tak ingin Indonesia hanya dipandang sebagai negara ramah dan indah, tapi sebagai destinasi wisata ramah disabilitas.

Beberapa rapat koordinasi antara Kemenpar dan Pemrop DKI Jakarta sedang dilaksanakan terkait penyediaan fasilitas dan layanan ramah disabilitas.

Mulai dari bus pengantar sampai layanan di objek wisata nantinya.

Ajang olahraga internasional ikut menjadi pasar incaran Indonesia yang tahun ini menargetkan kedatangan wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta orang.

Berbeda tema namun juga mendatangkan tamu dari luar Indonesia, di saat Asian Para Games digelar juga akan dihelat pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada 8-14 Oktober 2018.

(agr/ard)