Kemenpar Ajak Para 'Petualang' Kampus Kembangkan Pariwisata

Kemenpar, CNN Indonesia | Sabtu, 08/09/2018 14:20 WIB
Kemenpar Ajak Para 'Petualang' Kampus Kembangkan Pariwisata Ilustrasi. (Foto: Wikimedia Commons/Tanti Ruwani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Generasi Pesona Indonesia (GenPI) merambah Poltekpar dan Sekolah Tinggi Pariwisata untuk menggaet para milenial yang suka mengeksplorasi keindahan destinasi wisata.

Milenial yang dibidik adalah yang suka pariwisata, menulis blog, senang memotret dan membuat video.

"Buat yang suka piknik, suka kulineran, suka foto atau jalan jalan ke destinasi wisata cocok banget gabung di sini. GenPi sifatnya relawan. Dan komunitas ini dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI," tutur Stafsus Menpar Bidang Komunikasi, Don Kardono, Jumat (7/9).



Dia menuturkan anggota Genpi bakal lebih tahu soal destinasi baru, kebijakan pemerintah dan acara pariwisata teranyar. Dia juga menyarankan agar GenPi dapat dibentuk di pelbagai kampus, terutama yang suka dengan media sosial.

"Mereka bisa blogger, vlogger, fotografer media kampus, reporter kampus, traveller, Selebgram, atau siapa saja yang eksis di media sosial," katanya.

Selain itu, dia menyatakan, bisa juga dibikin untuk grup percakapan baik di WhatsApp, WeChat dan Telegram. Tak hanya itu, dia pun juga menyarankan agar membuat akun resmi yang dikelola tim GenPi di pelbagai kampus.

"Setelah itu, siap-siap di-launching sebagai GenPI kampus," kata Don.

Cara bergabung GenPi sendiri gampang dan enggak bikin ribet. Pertama, kunjungi situs genpi.co, kemudian carilah kanal 'Gabung GenPI' di sisi kanan atas laman. Setelah itu, isi semua formulir data secara akurat, lalu klik 'Daftar Sekarang' atau 'Submit'

Potensi Besar

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Rizki Handayani Mustafa mengatakan kampus memiliki potensi besar untuk mengangkat pariwisata Indonesia.

"GenPI cocok dengan generasi milenial yang menjadikan wisata sebagai bagian dari gaya hidup. GenPI juga cocok bagi mahasiswa yang suka piknik, suka foto dan jalan-jalan ke destinasi wisata di Indonesia. Ini menjadi wadah yang pas untuk berkreasi," tutur Rizki.

Kepala STP Bali Dewa Gede Ngurah Byomantara juga mendukung terbentuknya GenPI STP Bali.

"Mengenal dunia digital saat ini menjadi keharusan. Untuk itu fokus pembelajaran di STP Bali juga kami giring ke arah digital. Dengan adanya GenPI, para siswa mendapat ilmu baru sekaligus membuka cakrawala. Kami ingin membangun jiwa interpreneur siswa," kata Byamontara. (asa)